Press "Enter" to skip to content

Kerja dan Belajar dari Rumah Gegara COVID-19, Gunakan Teknologi Ini

Maraknya virus corona baru yang menyebabkan COVID-19 telah memaksa pemerintah mengeluarkan imbauan kita untuk bekerja atau belajar dari rumah saja secara online. Kalau kita butuh kesempatan untuk meeting, tentu memerlukan program atau aplikasi tertentu, bukan?

Berikut ini kami pilihkan lima platform video conference yang bisa kamu terapkan seandainya harus belajar atau bekerja dari rumah:

1. Zoom
Solusi konferensi video yang populer ini bisa kalian pakai dengan membuat akun gratis. Tentukan siapa host-nya lalu bikin meeting room di mana teman-teman kalian bisa bergabung untuk belajar, bekerja, atau diskusi bersama. Tersedia paket gratisan sampai yang berlangganan sebesar US$19.99 per bulan per host, dengan minimal pemesanan 100 host bagi perusahaan besar. Paket enterprise ini bisa menampung sampai 200 orang peserta meeting, cloud storage yang unlimited, custom email, meeting URL yang menarik, dan sebagainya. Sedangkan untuk yang paket gratisan, dibatasi untuk maksimal 100 peserta dan limit 40 menit untuk meeting grup.

2. Google Hangouts dan Google Meet
Google juga menyediakan layanan ini dalam Google Service. Sebetulnya ini adalah layanan individual yang disediakan oleh Google dengan fitur yang tak sekaya layanan video conference komersial lainnya. Tetapi, kalau kamu punya usaha sendiri dan berlangganan G-Suite, kamu bisa menikmati Hangouts dengan biaya mulai dari US$6 per bulan per user.
Sedangkan bagi pengguna enterprise, bisa menggunakan Google Meet dengan fitur-fitur yang mirip dengan Zoom, seperti adanya sinkronisasi kalender, pemesanan ruang konferensi, dan sebagainya.

3. GoToMeeting
Platform ini punya fitur-fitur yang menarik, seperti meeting instan atau terjadwal, layanan transkrip meeting, dan meeting messaging antarpeserta meeting. Namun solusi ini berbayar mulai dari US$14 per bulan untuk grup dengan 10 peserta meeting dan US$29 per bulan untuk grup yang lebih besar, sampai 150 peserta meeting.

4. Skype for Business
Solusi dari Microsoft ini sudah tersedia juga untuk pelanggan enterprise, seperti mendukung sampai 250 peserta rapat dan whiteboard virtual. Biayanya mulai dari US$2 per user per bulan.

5. Cisco WebEx
Cisco juga punya solusinya sendiri yang disebut WebEx, khususnya bagi mereka yang punya tim besar atau perusahaan yang memang jumlah karyawannya banyak dan harus menggelar meeting dalam jumlah besar. Biayanya mulai dari US$13,5 per host per bulan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: