Press "Enter" to skip to content

Yuk Ikut Membantu Menemukan Obat Virus Corona dengan Komputermu

Pandemi virus corona baru yang menyebabkan COVID-19 telah membuat kita terpaksa bekerja atau belajar di rumah selama dua pekan. Di masa-masa ini, sebetulnya ada lho yang bisa kita lakukan, yaitu ikut membantu para ilmuwan menemukan cara untuk memerangi COVID-19. Caranya dengan menyumbangkan waktu yang dimiliki sistem komputermu dalam keadaan idle.

Kamu cukup menginstal sebuah program kecil di laptopmu atau desktop di rumah. Program ini akan bekerja di background dan kamu tak perlu melakukan apapun. Waktu yang kamu sumbangkan akan membantu para ilmuwan melakukan kalkulasi yang rumit dalam mempelajari lebih jauh mengenai COVID-19.

Aplikasi yang bisa kamu download dan instal adalah Folding@home, yang tersedia untuk Windows dan MacOS. Aplikasi ini dikembangkan oleh peneliti di Universitas Stanford. Aplikasi ini sudah banyak membantu riset penyakit dan obat selama 20 tahun terakhir.

Nah, terkait dengan virus corona, project ini berfokus pada apa yang disebut dengan protein folding, yaitu sebuah proses biologis yang mendeskripsikan bagaimana sebuah protein mengatur bentuknya di dalam sebuah sel. Mempelajari bagaimana proses itu terjadi pada protein virus tertentu dalam membantu mengembangkan obat untuk melawan penyakit tertentu.

Dalam kasus COVID-19, infeksi terjadi di paru-paru pada apa yang dikenal sebagai spike protein yang menyatu dengan sebuah receptor yang disebut ACE2. Dengan memblokir koneksi mereka adalah satu cara potensial untuk menghentikan berkembangnya penyakit ini. Nah, computer modelling adalah salah satu cara untuk mengetahui bagaimana menjaga supaya protein dan receptor itu tetap terpisah.

Sedangkan kalau bicara virus, sangat penting untuk tak hanya melihat bagaimana bentuknya tapi juga memahami bagaimana virus itu mendapatkan bentuknya: itulah yang disebut protein folding. Pengetahuan ini sangat vital dalam pengembangan obat yang efektif untuk memerangi virus corona. Kontribusi komputer kamu akan sangat membantu proses pencarian ini supaya lebih cepat lagi.

“Data yang kalian berikan akan mempercepat dan makin tersebar, sebagai bagian dari kolaborasi sains yang terbuka dari berbagai laboratorium di seluruh dunia, memberikan peneliti toll baru untuk mengembangkan obat yang menyelamatkan nyawa manusia,” kata ahli biokimia Greg Bowman, direktur Folding@home.

Kalau kamu mau terlibat, cukup download program tadi dan biarkan ia bekerja sendiri. Tapi terlebih dahulu pilih “Any Disease” di antarmuka program itu. Kamu bisa mulai atau menghentikan keterlibatanmu kapan saja, misalnya lagi membutuhkan komputermu untuk hal lain dan melanjutkannya kalau sudah tidak sibuk.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: