Press "Enter" to skip to content
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Kendalikan Aplikasi untuk Menikmati Transformasi Digital yang Menguntungkan

Arus transformasi digital makin kencang di Indonesia. Namun kadang-kadang arus ini tak tentu arah. Khususnya kalau perusahaan tak tahu berapa jumlah aplikasi yang harus mereka jalankan. Bahkan performa dan keamanan aplikasi itu pun mereka tak tahu.

Aplikasi, baik tradisional maupun modern, memberikan banyak keuntungan ketika dijalankan pada lingkungan data center perusahaan (on-prem), cloud, dan microservices. Namun hal ini seringkali membuat visibilitas dan kontrol aplikasi di seluruh perusahaan menjadi terpecah-pecah.

F5 baru-baru ini mengumumkan solusi-solusi anyar untuk meningkatkan visibilitas dan kontrol terhadap siklus hidup aplikasi secara keseluruhan, mengenai kondisi dan performa aplikasi, kontrol trafik, keamanan, dan manajemen API yang terintegrasi agar bisa mengambil tindakan berdasarkan informasi tersebut. Dengan demikian pelanggan dapat menemukan cara-cara baru untuk menurunkan beban biaya operasional dan mempercepat penyediaan layanan atau solusi di pasar.

Solusi-solusi itu memberikan peluang bagi pemilik aplikasi, pengembang, dan operator TI dengan hasil pemantauan dan kemampuan pengelolaan jaringan secara mandiri (closed-loop automation) yang diperlukan untuk mengatasi masalah (troubleshoot), mengidentifikasi area ancaman, dan menghadirkann berbagai kemampuan digital baru dalam hitungan menit, bukan hari atau minggu.

Bagi sebagian perusahaan, menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan dan para karyawan mereka menginginkan adanya kombinasi antara lingkungan arsitektur dan infrastruktur aplikasi tradisional dan modern. Ketika perusahaan-perusahaan mulai menerapkan strategi multi-cloud, situasinya akan semakin beragam dan kompleks.

Mengingat aplikasi adalah aset terpenting sebuah perusahaan digital sedngkan perusahaan saat ini kekurangan banyak tool untuk mengelola aset-aset tersebut secara efektif, F5 memfokuskan pada upaya dalam mempersempit kesenjangan tersebut dengan visibilitas komprehensif yang berfokus pada aplikasi. F5 memberi kekuatan pada aplikasi mulai dari pengembangan hingga siklus hidupnya secara keseluruhan, informasi yang dihasilkan, perilaku, dan berbagai anomalinya melalui telemetri (hasil pemantauan) yang tidak terjangkau oleh vendor tool lain. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan bisa menghadirkan pengalaman digital yang berbeda, berperforma tinggi, dan aman.

F5 memperkenalkan tiga produknya yang saling melengkapi untuk memperoleh visibilitas yang sangat baik, hasil analitik yang bisa ditindaklanjuti, serta pengelolaan trafik dan keamanan secara mandiri di seluruh portofolio aplikasi milik perusahaan. Solusi-solusi BIG-IP dan BIG-IQ dari F5 menawarkan kemampuan analitik mengenai kelaikan, keamanan, dan performa aplikasi serta tool pemecahan masalah yang mendalam bagi tim NetOps dan SecOps.

NGINX Controller melengkapinya dengan kemampuan tambahan untuk tim AppDev dan DevOps, yakni dengan menghadirkan visibilitas analitik, dan kontrol berbasis API melalui ADC, API management, dan layanan keamanan aplikasi yang dijalankan dengan NGINX Plus. Melalui integrasi dengan BIG-IQ, NGINX Controller dan penawaran-penawaran F5 lainnya – serta rangkaian integrasi dengan berbagai pihak ketiga – F5 Beacon mengumpulkan hasil pemantauan dari seluruh jalur data aplikasi untuk memberikan informasi komprehensif mengenai aplikasi serta informasi holistik dari seluruh perusahaan terkait portofolio aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan. Informasi ini dapat digunakan oleh pemilik aplikasi, profesional operasional TI, dan manajer lini bisnis.

F5 memperkenalkan:
F5 Beacon – Beacon, penawaran software as a solution (SaaS) terbaru, menyediakan platform untuk memperoleh aplikasi yang komprehensif, sehingga menyediakan informasi yang bisa ditindaklanjuti untuk memfasilitasi penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemilik aplikasi dan operasional TI. Beacon memproses aliran hasil pemantauan data dari berbagai sumber seperti BIG-IP, NGINX, dan F5 Cloud Services serta teknologi pihak ketiga guna memberikan informasi yang komprensif yang berisi topologi, ketergantungan, pengalaman pengguna, kelaikan, dan performa aplikasi. Selain itu, Beacon Insight, melalui platform yang terbuka dan dapat diperluas, membantu memecahkan berbagai tantangan terkait deteksi anomali yang komprehensif, analisis akan permasalahan, serta visibilitas dan kepatuhan pada persyaratan keamanan. Diferensiasi Beacon dari solusi monitoring dan analitik lain adalah sifatnya yang memfokuskan pada aplikasi, dengan memposisikan data dan analitik di sekitar unit aplikasi. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan dapat fokus pada upaya membenahi performaaplikasi dan pengalaman pengguna secara komprehensif. Diferensiasi lainnya adalah kemampuan tersebut dapat dicapai tanpa memerlukan integrasi yang signifikan. Beacon menghasilkan informasi yang kaya mengenai performa aplikasi secara komprehensif dan solusi keamanan (termasuk NGINX) yang digunakan oleh separuh dari seluruh aplikasi yang ada di dunia ini, serta solusi-solusi pihak ketiga yang berkembang pesat.

BIG-IQ 7.1 – Sebagai solusi manajemen sentral, orkestrasi, dan analitik yang paling komprehensif untuk layanan aplikasi BIG-IP dari F5, kemampuan BIG-IQ mencakup manajemen layanan aplikasi, dasbor khusus keamanan, dan integrasi erat dengan F5 Automation Toolchain. Dengan BIG-IQ, tim operasional bisa memperoleh visibilitas terhadap keseluruhan kelaikan, status, dan performa layanan aplikasi BIG-IP yang mereka gunakan serta layanan keamanan dari dasbor yang berpusat di aplikasi. Produk terbaru ini memungkinkan visibilitas pada layanan aplikasi lama (legacy applications), menyingkat alur kerja manajemen, dan menambahkan pengelolaan fungsionalitas keamanan yang baru.

NGINX Controller 3.4 – Platform layanan dan performa aplikasi milik NGINX ini menawarkan serangkaian layanan untuk load balancing, analitik, dan manajemen API di dalam dan antar cloud. Melalui pendekatan yang berpusat di aplikasi, versi NGINX Controller ini meningkatkan analitik per-app dan memperbaiki kemampuan declarative API, memastikan NetOps, DevOps dan tim lainnya bisa mengelola tugas di keseluruhan siklus hidup aplikasi. Hasilnya, perusahaan-perusahaan bisa mempercepat kehadiran solusi di pasar (time to market), melalui alur kerja kolaboratif yang terintegrasi ke jalur CI/CD melalui panggilan API atau GUI yang diperbaru. Dengan NGINX Controller, tim bisa menyederhanakan implementasi, konfiguasi, dan pengawasan untuk NGINX Plus, baik ketika digunakan sebagai load balancer, gateway API, maupun proxy dalam lingkungan microservices.

Ketiganya merupakan produk yang didesain untuk mengintegrasikan kemampuan dari seluruh jalur data aplikasi, yakni jalur trafik yang dilalui aplikasi untuk mencapai penggunanya, sehingga membantu pelanggan untuk:

• Memperoleh Visibilitas yang Komprehensif dari Fungsi Dinamis Aplikasi untuk Optimalisasi Pengalaman Digital
• Menggabungkan Visibilitas dan Kontrol untuk Meningkatkan Hasil Bisnis
• Menyederhanakan Implementasi Advanced Control untuk SaaS dan Aplikasi Berbasis Container

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: