Press "Enter" to skip to content
Ubur-ubur (Image by Dieter_G from Pixabay)

Ada Jelly dan ada Jellyfish, Mana yang Kita Sebut Ubur-Ubur?

Bahasa Indonesia hanya punya satu pengertian untuk jellyfish, yaitu ubur-ubur. Padahal, dalam bahasa yang lain ada dua hal yang berbeda: jelly dan jellyfish. Semua jellyfish termasuk ke dalam kelompok jelly tapi tak semua jelly adalah ubur-ubur.

Untungnya bahasa Indonesia menerjemahkan jellyfish dengan ubur-ubur. Sebab di dunia sains internasional, para ilmuwan sudah ingin menghilangkan penggunaan kata “fish” dan memakai kata “jelly” saja. Sebab jellyfish sesungguhnya bukan ikan.

Nah, balik ke jellyfish tadi, tak semua yang kelihatan seperti jellyfish (ubur-ubur) disebut ubur-ubur. Contohnya comb jelly, memang terlihat seperti ubur-ubur tapi hewan ini adalah sepupu jauhnya. Comb jelly punya bentuk tubuh yang berbeda dengan ubur-ubur dan tak punya sel penyengat seperti pada ubur-ubur, yang disebut nematocyst.

Nah ubur-ubur atau jellyfish sendiri punya dua kerabat dekat yaitu box jellies dan hydrozoans. Kedua kerabat dekat ini juga punya nematocyst, tapi para ilmuwan membedakannya dari ubur-ubur atau jellyfish.

Ubur-ubur dan para kerabatnya adalah hewan yang sederhana. Mereka tak punya otak atau jantung atau insang. Tapi mereka punya lapisan otot tipis yang mereka gunakan untuk menggerakkan tubuhnya dan bergerak dalam air. Menurut para ilmuwan, jellyfish adalah hewan pertama di Bumi yang menggunakan otot mereka untuk berenang.

Kebanyakan ubur-ubur memakan plankton. Ubur-ubur yang lebih besar akan memakan ikan dan hewan kecil lain setelah terlebih dahulu disengat dengan nematocyst-nya. Mereka juga memiliki protein khusus yang membuat tubuhnya dalam mengeluarkan cahaya.

O ya, penggunaan nama jellyfish sendiri dimulai sejak 1796 dan digunakan pada seluruh anggota kelompok medusae dan hewan yang mirip seperti comb jellies (dari phylum ctenophores). Kata “fish” ingin dihilangkan dari jellyfish sebab kata ini terlalu berkonotasi hewan yang punya tulang belakang. Nah, agar tak bingung, banyak ahli yang kemudian lebih memilih menggunakan kata scyphozoan untuk menyebut ubur-ubur.

Sebagai tambahan, kalau kamu melihat ubur-ubur dalam sebuah kawanan, maka kawanan itu disebut dengan “smack“.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: