Press "Enter" to skip to content
Foto Dok. Shinji Sugiura

Kumbang Ini Keluar Hidup-Hidup dari Perut Predatornya

Sejenis kumbang air Jepang ternyata punya kemampuan hebat. Meski hewan ini sudah ditelan oleh seekor katak, dia bisa keluar dari perut katak hidup-hidup. Setidaknya begitu yang ditemukan para ilmuwan di laboratorium.

Adalah peneliti Jepang dari Universitas Kobe meneliti kemampuan bertahan hidup yang dimiliki sejenis kumbang air bernama latin Regimbartia attenuata. Dalam sebuah rekaman video, mereka memperlihatkan bagaimana kumbang itu keluar dari anus katak kolam dari spesies Pelophylax nigromaculatus. Dia hidup meski sudah kurang lebih dua jam ditelan. 14 dari 15 eksperimen, kumbang hidup.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Current Biology, peneliti mencoba menerapkan hal yang sama pada 13 spesies kumbang lain. Tapi tak ada satu pun yang selamat. Studi ini diklaim sebagai penelitian pertama yang menemukan bagaimana mangsa serangga berhasil keluar hidup-hidup dari tubuh predatornya.

“Setelah kumbang keluar, beberapa katak tak sadar bahwa mangsanya masih hidup. Tapi ada juga yang kembali menyerang si kumbang dan memakannya,” kata Dr Shinji Sugiura, seorang ahli ekologi dari Universitas Kobe, seperti dilansir MailOnline.

Banyak spesies katak memang tak punya gigi sehingga tak bisa membunuh mangsa sebelum menelannya. Sehingga mereka sangat tergantung pada sistem pencernaan mereka untuk mencerna mangsa mereka. Tapi hewan macam kumbang ternyata bisa mengembangkan teknik bertahan hidup di dalam sistem pencernaan predatornya. Mereka mengambil keuntungan dari fakta bahwa mereka tidak digigit sampai mati.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: