Press "Enter" to skip to content

Samsung Rilis Galaxy Tab S7, Ini Perbedaan Utamanya dengan Tab S6

Samsung telah merilis tablet premium terbarunya, Galaxy Tab S7 dan S7+. Bahkan untuk pasar Indonesia, Samsung sudah menggelar pre-order sampai dengan 30 Agustus. Banyak yang ingin tahu, apa bedanya tablet anyar ini dengan pendahulunya, Galaxy Tab S6?

Kalau melihat speknya, tampaknya lebih sesuai kelasnya atau kalau istilah orang, apple to apple, membandingkan antara Samsung Galaxy Tab S6 dan S7, bukan dengan S7+. Ketika perbedaan ini ditanyakan kepada Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, dalam sebuah sesi briefing online, kemarin, dia menjawab, perbedaannya cukup signifikan.

Dari sisi layar, memang S6 sepintas lebih tinggi, yakni sudah mengusung Super AMOLED. Sedangkan S7 menggunakan layar 11 inci beresolusi LTPS PLS (2560 x 1600). Dari sisi keluasan layar, jelas S7 menang. Tapi dari sisi resolusi?

Elvira mengatakan layar LCD di S7 sudah memiliki 500nit dengan 276 pixel per inci. Dia mengklaim, layar S7 lebih jernih ketimbang S6. “Dikombinasikan refresh rate 120Hz, perbedaannya menjadi semakin kentara,” kata Elvira.

Di sisi baterai, S7 memiliki kapasitas baterai juga lebih besar yaitu 8.000mAh. Baterai ini juga sudah mendukung fitur superfast charging 45W. Kecepatan isi ulang Baterai S6 sendiri terbatas sampai 15W. Namun memang dalam kotak pembelian, Samsung tak menyediakan charger 45W, charger ini dijual terpisah.

Perbedaan lainnya terletak pada prosesor. Tab S7 menggunakan Qualcomm Snapdragon 865+, yang diklaim akan menghadirkan performa yang tinggi, dikombinasikan dengan RAM 6GB dan RAM 128GB. Sedangkan S6 memakai Snapdragon 855 yang ditopang RAM maksimal 6GB dan ROM maksimal 256GB.

Ke sektor S pen, Samsung mengklaim S pen di S7 lebih canggih, dengan form factor membulat dan ujung yang memanjang sehingga lebih nyaman dipegang. Perbedaan yang utama di sini adalah latency yang sangat rendah yaitu 9ms, sehingga menghasilkan pengalaman menulis dan menggambar yang alami.

Selain itu di S7 sudah disematkan fitur Samsung DeX dan Samsung Notes versi terbaru. Samsung Notes ini untuk melengkapi S Pen, sehingga memudahkan penulisan catatan. Samsung Notes terbaru memiliki fitur impor dan anotasi PDF serta kemampuan untuk menulis, mengetik, dan menggambar di area yang sama. Dilengkapi dengan Audio Bookmark untuk merekam kuliah atau rapat yang sedang berlangsung sementara Anda menulis sesuatu, lalu menyinkronkan keduanya.

Bernavigasi di rekaman yang panjang juga bisa dilakukan dengan mudah, cukup dengan mengetuk pada kalimat dan rekaman akan secara otomatis kembali ke audio timestamp yang sesuai. Sinkronisasi Samsung Notes untuk mengakses dan mengelola Samsung Notes di perangkat Galaxy Note20 dan PC Samsung.

Nah, bagaimana dengan harga? Keduanya ternyata punya harga yang sama, Rp12.999.000. Kalau begitu, kamu bakal pilih yang mana? 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: