Press "Enter" to skip to content
Ineso Grenadier di antara mobil klasik 4x4 lainnya. (Dok. INEOS Grenadier)

Grenadier, Si Pelahap Off-road yang Mirip Defender

Kalau suka mobil off-road, kalian pasti mengenai Land Rover dengan modelnya yang terkenal, Defender. Nah, baru-baru ini Defender banyak dibicarakan orang saat sebuah pabrikan mobil off-road 4×4 baru muncul dengan prototipe yang dituding meniru Defender. Kasus ini sampai ke pengadilan, tapi Land Rover kalah dalam gugatannya. Mobil baru itu pun melenggang.

Mobil baru itu bernama INEOS Grenadier, produk otomotif yang diproduksi oleh INEOS Automotive, anak perusahaan kimia khusus INEOS Group, milik miliarder Jim Ratcliffe. Ide mobil ini muncul pada 2017, yang merupakan perpaduan ketangguhan mobil Inggris dengan presisi teknis ala Jerman. INEOS Grenadier sendiri akan mulai diproduksi akhir 2021.

Nah, baru-baru ini prototipe pertama INEOS Grenadier dipajang di Concours of Elegance di Hampton Court Palace, London, di pagelaran koleksi mobil off-road legendaris INEOS Automotive, bersanding dengan sejumlah mobil 4×4 bersejarah, seperti Land-Rover yang diproduksi pertama kali (nomor registrasi JUE 477), Toyota FJ40 (1980), Willys Jeep (1944) yang dahulu digunakan oleh Angkatan Laut AS dalam PD II, dan Mercedes-Benz G-Wagen (1988) klasik.

“Di awal proyek Grenadier, kami menghadirkan beberapa mobil 4×4 hebat di masa lalu ke studio untuk mengamati dari dekat apa yang membuat mereka mampu bertahan begitu lama,” kata Toby Ecuyer, Kepala Desain di INEOS Automotive, dalam keterangan resmi. “Dan kini, senang rasanya melihat Grenadier hadir di antara mobil legendaris ini. Anda dapat melihat proporsi dan corak desain umumnya, dan tentu saja fungsi yang sama jelasnya. Menurut saya, sudah sewajarnya Grenadier disejajarkan dengan ikon-ikon 4×4 ini, dan jika yang lain setuju, berarti sasaran desain kami telah tercapai.”

“Kami telah menerima banyak masukan bagus setelah mengumumkan Grenadier terbaru, dan baru sekarang ini kami memamerkan mobil ini pada acara terbuka di Inggris,” ucap Dirk Heilmann, CEO di INEOS Automotive. “Mobil ini sangat pantas dipajang bersama koleksi ikon-ikon off-road. Mobil ikon off-road telah menjadi inspirasi bagi proyek Grenadier dan mewakili semangat menjelajah ke mana saja tanpa kompromi, yang akan diwujudkan oleh mobil ini kepada para pelanggan di seluruh dunia. Kami bersiap melihat reaksi dari banyak pengunjung acara ini.”

Pengujian terhadap prototipe Grenadier ini sekarang sudah berjalan sepenuhnya, dengan tujuan menempuh 1,8 juta kilometer di on-road maupun off-road selama setahun ke depan. Penjualan di pasar internasional rencananya dimulai pada akhir 2021.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: