Portal Sains

Ternyata, Ukuran Megalodon Tak Ada yang Menandingi

Fosil gigi megalodon (Dok. arla Burke/Pixabay)

Megalodon adalah jenis hiu purba yang ukurannya tiada banding, paling masif di antara seluruh jenis hiu yang pernah hidup. Begitulah hasil temuan ahli.

Megalodon diperkirakan memiliki panjang sampai 15 meter. Ukuran yang raksasa ini kalau dibandingkan dengan seluruh jenis hiu pada ordo Lamniform, menunjukkan kalau ukuran hewan purba ini sangat ekstrem. Tak hanya lebih besar dibandingkan dengan hiu yang masih hidup, tetapi juga seluruh hiu yang sudah punah di ordo Lamniform.

Hiu modern terlihat mungil kalau dibandingkan dengan Megalodon (Otodus megalodon). Ambil contoh predator terbesar zaman ini, yaitu hiu putih (great white shark) atau Carcharodon carcharias, yang bisa tumbuh sampai panjang 6 meter. Atau hiu paus (Rhincodon typus), yang panjangnya rata-rata 10 meter.

Setidaknya ada 13 spesies dalam ordo Lamniforms yang hidup pada saat ini. Di dalamnya termasuk hiu mako (genus Isurus), hiu deep-sea goblin (Mitsukurina) dan hiu thresher (Alopias), serta great white shark.

Kebanyakan fosil megalodon berusia 15 juta tahun dan ordo Lamniforms terbentuk pada akhir era Mesozoic (252 juta sampai 66 juta tahun lalu) sampai ke masa awal era Cenozoic (65 juta tahun sampai saat ini). Namun, sangat sedikit diketahui mengenai anatomi Lamniform yang sudah punah, sebab kerangka hiu biasanya terbuat dari cartilage bukan tulang, sehingga sangat langka dalam catatan fosil, kecuali gigi fosil mereka yang banyak.

Ukuran gigi dapat digunakan untuk memperkirakan ukuran tubuh hiu karena seiring dengan pertumbuhan hiu, mereka terus menerus mengganti gigi, semakin besar seiring waktu. Dalam studi terbaru, Kenshu Shimada, seorang professor paleobiologi di DePaul University di Chicago dan seorang peneliti di Sternberg Museum di Kansas menciptakan alat baru untuk menghitung panjang tubuh: persamaan yang mewakili hubungan kuantitatif aktual antara panjang tubuh dan ukuran gigi pada Lamniform.

“Kami mendasarkannya pada gigi dan panjang tubuh yang diketahui dari 32 spesimen hidup, hiu Lamniform pemangsa, yang mewakili semua 13 spesies yang bukan pemakan plankton,” kata Shimada kepada Live Science melalui email. Mereka kemudian menerapkan persamaan mereka pada Lamniform predator yang punah.

Shimada dan timnya menemukan bahwa banyak hiu Lamniform yang punah berukuran besar, dengan empat genera Mesozoic (Cretodus, Cretoxyrhina, Hispidaspis dan Scapanorhynchus) dan empat genera Cenozoic (Alopias, Carcharodon, Isurus dan Otodus), dan menemukan setidaknya satu spesies hiu bisa tumbuh lebih 6 meter panjangnya.

Mengapa hewan ini bisa tumbuh begitu besar? Shimada mengatakan gigantisme pada hiu mereka mungkin didorong oleh strategi reproduksi: di mana hiu melahirkan anak yang punya perilaku kanibalistik sejak dari dalam tubuh induknya.

Exit mobile version