Press "Enter" to skip to content
Dok. Pixabay

Menjegal Penipu Online, Bahkan Sebelum Beraksi

Penipuan online sudah merajalela. Bahkan, kerap kali mereka gagal dideteksi oleh software keamanan komputer kita. Mengapa? Biasanya karena software keamanan hanya mengandalkan sinyal data yang lemah dan aturan yang terlalu kaku. Sementara pelaku kian pintar saja.

Seringkali software keamanan gagal memahami niat pengguna – entah niat baik atau buruk – dan justru membebani pengguna yang baik untuk membuktikan keabsahan mereka melalui berbagai proses yang merepotkan seperti otentikasi multi-faktor (MFA). Dampaknya, pengguna merasa kerepotan dan dapat mengalami kerugian finansial dan frustasi ketika penipu berhasil menjebol pertahanan mereka.

Bukan main-main lho dampak penipuan online ini, terutama untuk dunia bisnis. Banyak perusahaan yang merugi sampai puluhan juta dolar setiap tahunnya gara-gara penipuan online, walaupun mereka sudah memiliki tool pencegah penipuan yang cukup lengkap.

Juniper Research memperkirakan kerugian akibat penipuan – dari pemohon baru dan penipuan akun, pencurian akun, penipuan program loyalty dan penipuan pembayaran digital – akan mencapai lebih dari US$48 miliar hingga 2023.

“Inovasi untuk mencegah penipuan semakin dibutuhkan dan mendesak, saat kita melihat ada peralihan cepat ke channel online yang didorong oleh situasi kesehatan global saat ini,” kata Sumit Agarwal, Vice President, Analytic Products F5, dan co-founder Shape. “Kami melihat penipu meluncurkan serangan yang semakin canggih dengan memanfaatkan perubahan yang disebabkan oleh COVID-19 dan kesulitan ekonomi secara keseluruhan.”

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan dunia bisnis untuk mengatasi penipuan online adalah  Shape AI Fraud Engine  dari F5. Solusi SaaS terbaru ini dapat mencegah transaksi penipuan online yang lolos dari alat deteksi yang ada. SAFE memanfaatkan mesin AI untuk menganalisa setiap transaksi online di beberapa jenis telemetri, lingkungan dan sinyal perilaku, sehingga secara akurat memahami niat pengguna dan memblokir penipuan sebelum penipuan itu terjadi.

SAFE adalah solusi berbasis AI yang fully managed, untuk menghentikan penipuan, dan melakukan pertahanan secara real time, dengan tingkat pengurangan friksi hingga 90 persen bagi pengguna yang baik. Sebagai layanan yang fully managed untuk mendeteksi dan memblokir ancaman yang terus berubah, SAFE melindungi aplikasi, membantu perusahaan mempercepat upaya digital dan mengurangi beban kerja yang terlampau banyak bagi tim yang menangani penipuan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: