Press "Enter" to skip to content
Image by Jan Vašek from Pixabay

Liburan Long Weekend, Pilih Hotel yang Higienis

Mulai hari ini Indonesia memasuki periode libur akhir pekan yang cukup panjang dan orang berbondong-bondong berpergian ke luar kota. Tapi jalan-jalan ke luar kota pada masa pandemi seperti ini perlu hati-hati ya teman. Selain menjaga diri dengan senantiasa mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, akomodasi yang terjamin higienitasnya patut jadi pertimbangan kita.

Tak ada salahnya kalian memperhatikan akomodasi yang kalian pesan, khususnya melalui platform perjalanan Agoda. Soalnya, kemarin Agoda secara resmi meluncurkan layanan baru Agoda HygienePlus. Ini adalah fitur verifikasi yang menunjukkan bahwa akomodasi yang kamu pilih sudah menerapkan langkah-langkah kesehatan bagi tamu maupun bagi seluruh stafnya serta menjaga higienitas semua fasilitasnya.

Gede Gunawan, Country Director, Agoda Indonesia, dalam konferensi pers kemarin mengatakan bahwa dari survei mereka ternyata pada masa pandemi ini, wisatawan yang ingin bepergian selalu mempertimbangkan 3 hal, yaitu keberadaan perlengkapan kebersihan pribadi, sertifikasi higienitas dari pemerintah, serta pemeriksaan suhu harian bagi staf dan tamu.

“HygienePlus semakin meyakinkan para wisatawan dalam menemukan hotel atau rumah liburan yang memenuhi daftar langkah-langkah kebersihan standar,” kata Gede.

Sudah ada lebih dari 3.000 hotel dan penginapan mitra Agoda yang mengikuti program HygienePlus. Gede berharap lebih banyak akomodasi yang mengikuti program ini. Untuk itu, Agoda senantiasa berkomunikasi dengan partner supaya mereka bisa meningkatkan standar higienitas mereka.

Pada kesempatan itu, Agoda juga meluncurkan fitur baru GoLocal Tonight, yakni berupa tambahan potongan harga 30 persen untuk pemesanan pada hari yang sama dengan kedatangan. Layanan ini merupakan hasil engagement dari program sebelumnya, yaitu GoLocal, yang diluncurkan oleh Agoda untuk mendorong masyarakat bepergian ke destinasi-destinasi lokal dan menggairahkan kembali sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Dari survei GoLocal yang digelar oleh Agoda, diketahui bahwa hasrat masyarakat untuk pergi jalan-jalan semakin meningkat. Sebanyak 75 traveler menyatakan ingin bepergian kembali, khususnya di destinasi lokal. Sebanyak 78 persen mengatakan sudah siap untuk bepergian. Destinasi lokal yang paling diinginkan oleh traveler lokal itu adalah Bali. Adapun area destinasi yang mereka inginkan adalah kawasan pantai, alam, dan perkotaan.

Inisiatif HygienePlus dan GoLocal Tonight ini disambut baik oleh Kemenparekraf. Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya mengatakan wisatawan Indonesia saat ini cenderung mencari destinasi yang aman, dalam artian sudah menjalankan protokol kesehatan, serta mengutamakan fleksibilitas dalam hal transportasi dan akomodasi. Program ini juga sehaluan dengan rencana Kemenparekraf menyediakan sertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelangsungan lingkungan hidup (CHSE) secara gratis untuk pelaku industri pariwisata di seluruh 34 provinsi di Indonesia, yang bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik untuk melakukan perjalanan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: