Press "Enter" to skip to content
Belut ular dan bangau (dok. © Sam Davis/Live Science)

Awalnya Dikira Membelit, Belut Ini Ternyata Sedang Menembus Perut Bangau

Sebuah foto yang dijepret seorang fotografer dari Delaware bikin heboh. Foto ini memperlihatkan seekor bangau yang terbang dengan seekor belut ular di lehernya. Awalnya Sam Davis, sang fotografer yang berasal dari Maryland itu, mengira si belut sedang melilit leher si burung bangau.

Belakangan, setelah dia mencermati fotonya dari jarak dekat, ternyata belut itu sebetulnya sedang berjuang untuk bertahan hidup. Dia menembus perut si bangau yang sebelumnya menelannya hidup-hidup. Belut ini memang dikenal pula sebagai belut penggali dan ilmuwan mengatakan, ada kemungkinan dia berhasil menembus perut pemangsanya.

Tapi apakah ia selamat? Bagaimana pula nasib si bangau yang perutnya dibolongi?

Sam Davis memotret kejadian itu dari jarak 68-91 meter. Jadi wajar bila ia mengira belut itu sedang menggigit atau membelit leher burung bangau. Namun dari angle lain dia mendapati bahwa belut itu sedang keluar dari perut si bangau.

“Ini foto yang merekam kejadian yang sangat unik dan luar biasa,” tutur John Pogonoski, seorang ichthyologist dari Australian National Fish Collection di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO). “Ini foto kejadian yang sangat langka.”

Pada awal 2020, Pogonoski dan koleganya menerbitkan studi di jurnal Memoirs dari Queensland Museum tentang belut ulat. Ini adalah sejenis ikan dari famili Ophichthidae. Dari hasil penelitian mereka disebut bahwa belut ini bisa menggali tidak hanya tanah di dasar perairan sebagai sarangnya, tapi juga mampu menggali lambung ikan yang memangsa mereka.

“Tapi memang biasanya jarang sekali dia mampu menggali sampai jauh,” katanya kepada Live Science. Begitu ditelan bulat-bulat, belut ulat bisa menggunakan kepala atau ekornya yang keras untuk menembus saluran pencernaan pemangsa. Tapi biasanya dia gagal menembus sampai keluar. Biasanya, saat ditelan, belut itu melakukan mumifikasi atau membeku di dalam perut mangsanya, atau mati.

Kolega Pogonoski pernah menemukan belut ular masih hidup di dalam perut seekor ikan, ketika ikan itu ditangkap dan dibersihkan sebelum dimasak.

Bagaimana nasib si belut dan si bangau yang memangsanya? Sayangnya Davis tidak mengetahui nasib kedua hewan. Dia sendiri memotret kejadian itu pada 2011 dan mengunggahnya ke sebuah situs wildlife pada beberapa bulan lalu. Dia bilang, saat meninggalkan kawasan pantai tersebut, si bangau masih terbang dengan tubuh belut terjuntai di tubuhnya.

Pogonoski sendiri menduga, bangau itu bisa jadi selamat, sepanjang lukanya tidak parah dan tidak infeksi. Sedangkan si belut, bisa saja selamat, sepanjang dia bisa keluar dan jatuh ke perairan dengan tingkat salinitas yang bisa ditoleransinya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: