Press "Enter" to skip to content
Image by StockSnap from Pixabay

Hotel Berbintang Jadi Favorit Libur Natal dan Tahun Baru

Walau beberapa tujuan wisata mengetatkan syarat masuk, seperti Bali yang mensyaratkan hasil tes PCR dan swab antigen, animo masyarakat untuk menikmati liburan Natal dan Tahun Baru masih tinggi. Bahkan, menurut survey dari Agoda, konsumen saat ini paling mengincar hotel bintang 4 dan bintang 5 sebagai pilihan akomodasi menghabiskan malam Natal dan Tahun Baru.

Survey ini memang dilakukan secara global, tapi trend serupa juga terjadi di Indonesia. “Dibandingkan tahun 2019, wisatawan Indonesia kebanyakan memesan kamar hotel bintang 4 hingga 5 sebagai pilihan mereka, menempatkan hotel bintang 1 hingga 3,5 di posisi kedua,” kata Errol Cooke, Vice President, Partner Services, Agoda, dalam keterangan resminya kemarin.

Kecuali Taiwan, Thailand dan Amerika Serikat yang memfavoritkan hotel bintang 1 hingga 3,5 sebagai pilihan mereka, wisatawan dari negara lain memiliki tren global yang sama. Wisatawan Korea dan Singapura tetap memilih hotel bintang 4 hingga 5 sebagai pilihan utama untuk merayakan Malam Tahun Baru.

Tahun ini, wisatawan juga menantikan untuk berwisata dan mengeksplor destinasi yang lebih beragam dibandingkan tahun 2019. Destinasi pantai dan kota di pesisir seperti Miami Beach (AS), Langkawi (Malaysia), Quy Nhon (Vietnam), Yeosu-si (Korea), serta tempat-tempat yang dikenal karena keindahan alamnya seperti Cameron Highlands (Malaysia), Hua Lien (Taiwan), Laguna (Filipina) dan Sapa (Vietnam) naik ke peringkat 10 teratas destinasi domestik di pasar masing-masing untuk staycation di Malam Tahun Baru ini.

“Ini menunjukkan bahwa ada keinginan besar dari wisatawan untuk memanjakan diri dan dengan optimis memasuki tahun yang baru dengan penuh gaya. Kami berbesar hati melihat wisatawan tidak membiarkan pandemi mengurangi semangat berwisata mereka dan juga menghabiskan Tahun Baru dengan mengeksplorasi destinasi domestik yang jarang dikunjungi sehingga mendukung komunitas wisata lokal di area mereka,” kata Cooke, lagi.

10 destinasi domestik terpopuler bagi wisatawan Indonesia untuk menikmati malam tahun baru adalah: (1) Jakarta, (2) Bali, (3) Bandung, (4) Yogyakarta, (5) Surabaya, (6) Malang, (7) Semarang, (8) Bogor, (9) Makassar, dan (10) Medan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: