Press "Enter" to skip to content
Smartphone dan charger. (Dok Pexels/Pixabay

Xiaomi dan Samsung Bakal Ngikut iPhone yang Dijual Tanpa Charger?

Perang para manufaktur smartphone kali ini berlanjut ke soal charger, Setelah meledek Apple yang tak akan menyertakan charger dalam paket pembelian iPhone 12, Xiaomi dan Samsung diduga malah mengikuti jejak saingannya itu. CEO Xiaomi Lei Jun telah mengkonfirmasi bahwa Mi 11 bakal dijual tanpa charger. Sedangkan Samsung baru-baru ini menghapus postingan yang meledek Apple. Tanda-tanda bakal mengikuti jejak Apple dan Xiaomi juga.

Pada 13 Oktober lalu Apple mengumumkan iPhone 12 dan seluruh smartphone yang bakal dirilis, akan dijual tanpa charger. Smartphone itu hanya akan dijual dengan satu kabel Lightning to USB-C.

Lisa Jackson, VP of environment, policy and social initiatives di Apple, pada acara itu, mengatakan para pengguna sudah memiliki lebih dari 700 juta headphone Lightning dan banyak yang sudah menggunakan perangkat wireless. Keputusan meniadakan charger dan EarPods akan mengurangi lebih dari 2,2 juta ton emisi karbon per tahun dan mengurangi penambangan material bumi yang makin langka. Menurut mereka, itu setara dengan menghapus 450.000 unit mobil dari jalanan setiap tahun.

Dia juga menyebutkan, ada lebih dari 2 miliar charger Apple di seluruh dunia dan ini belum termasuk miliaran charger buatan pihak ketiga.

Keputusan Apple sendiri tidak disambut meriah oleh penggunanya. Mereka marah dan menuding alasan lingkungan hanyalah dibuat-buat untuk menyembunyikan keinginan Apple menjual lebih banyak perangkatnya dan meraup pemasukan sebanyak-banyaknya.

Seorang pengguna Twitter menyatakan bahwa Apple tak memasukkan charger dan EarPods dalam kemasan, tapi mendorong orang membeli keduanya dalam kemasan terpisah.

Tak berapa lama kemudian, Samsung dan Xiaomi meledek Apple dalam postingan di sosial media masing-masing. Samsung misalnya, memposting sebuah foto charger Galaxy dengan caption ‘included with your Galaxy’. Sehari kemudian Xiaomi mengirim tweet sebuah video yang mempromosikan Mi 10T Pro yang menunjukkan charger dan caption: ‘Don’t worry, we didn’t leave anything out of the box’.

Apa yang terjadi kemudian? Hanya hitungan bulan, Xiaomi dan Samsung sepertinya bakal mengikuti langkah Apple yang mereka ledek.

Lei menyingkapkan Mi 11 pada akhir pekan lalu dan menyebut kemasan smartphone itu bakalan ‘enteng dan tipis’ karena tidak mengikutkan charger. Sebagaimana Apple, Lei mengatakan keputusan meniadakan charger adalah respons mereka terhadap upaya perlindungan lingkungan. “Hari-hari ini setiap orang punya banyak charger yang tidak terpakai, ini akan membebani Anda dan lingkungan,” tutur dia, seperti dilansir Daily Mail.

Samsung sendiri belum mengeluarkan pengumuman apapun. Tapi diduga kuat juga bakalan mengikuti langkah itu karena menghapus postingan yang meledek Apple. Berkaca pada kejadian sebelumnya, menurut MacRumor, Samsung pernah meledek Apple pada 2016 karena tak ada colokan headphone di iPhone 7, tapi kemudian merilis Galaxy A8 pada 2018 juga tanpa colokan headphone.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: