Press "Enter" to skip to content
Imlek (dok. Nasser alsubie/Pixabay)

Gara-Gara COVID-19, Traveler Pilih Liburan Imlek di Tempat Terpencil

COVID-19 ternyata mempengaruhi pola perjalanan traveler, khususnya pada saat Imlek yang bakal berlangsung sebentar lagi. Pada tahun ini, traveler akan memilih destinasi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu destinasi terpencil serta mengunjungi tempat-tempat wisata lama.

Wisatawan keluarga atau grup adalah tipe traveler yang paling populer dan beberapa traveler memanjakan diri dengan menginap di tempat yang lebih mewah. Ada juga kenaikan dalam tren pencarian dan pemesanan untuk Agoda Homes – akomodasi non-hotel dengan fasilitas dapur, ruang tamu dan kamar tidur.

Dengan banyaknya penutupan perbatasan internasional, pada Tahun Baru Imlek ini destinasi domestik menjadi tujuan favorit. Daftar 8 destinasi domestik terfavorit tahun ini adalah kota Xian (China), Medan (Indonesia) dan Langkawi (Malaysia). Ini pertama kali ketiga kota ini masuk daftar.

Di wilayah-wilayah ini, keluarga dan grup wisatawan menempati posisi pertama karena banyak yang merencanakan untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan orang-orang terdekat. Traveler dari Thailand dan Indonesia memfokuskan untuk lebih banyak berwisata dengan keluarga dan teman di tahun ini, menyalip posisi pasangan sebagai top traveler type dibandingkan tahun lalu. Sedang di China, Jepang, Filipina, wisatawan pasangan lebih favorit.

Terkait akomodasi, traveler dari Malaysia, Indonesia dan Vietnam rupanya memanfaatkan harga akomodasi yang lebih terjangkau, sehingga mereka mengupgrade penginapan mereka ke akomodasi bintang 4-5. Pilihan non-hotel juga populer di kalangan traveler dari Indonesia, Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

“Sama seperti Kerbau Logam di zodiak China, traveler di Asia membuktikan ketahanan dan kekuatan mereka di Tahun Baru Imlek ini melalui semangat untuk berwisata dan mengunjungi banyak destinasi domestik. Berbeda dengan waktu sebelum pandemi, data kami menunjukkan bahwa pantai dan pedesaan jadi destinasi yang lebih populer dibandingkan dengan kota besar dan destinasi yang menguras energi mereka. Orang ingin menghargai kerja keras dan ketahanan mereka dengan mengupgrade penginapan di area kelas atas, baik itu di pantai seperti Phu Quoc (Vietnam) atau Boracay Island (Filipina), pegunungan seperti Khao Yai (Thailand) dan Chiayi (Taiwan), atau destinasi budaya dan sejarah seperti Xian (China),” ucap Timothy Hughes, Vice President Corporate Development.

Wisatawan di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam bisa menikmati Lunar New Year Sale dari Agoda dan mendapatkan diskon hingga 80% untuk berbagai tipe akomodasi. Periode pemesanan mulai 28 Januari hingga 16 Februari 2021 dengan masa menginap pada 28 Januari – 30 April 2021.

  • Orang ‘lari’ dari perkotaan tahun ini ketika Jakarta jatuh ke posisi #4, dan beralih ke destinasi yang lebih menenangkan seperti Puncak (#7) dan Bandung (#1). Kota budaya Medan yang juga menawarkan pemandangan alam indah naik ke posisi #5, menggeser posisi Malang di tahun ini.
  • Wisatawan grup dan keluarga menyalip posisi wisatawan pasangan untuk posisi teratas tipe traveler di perayaan tahun ini.
  • Di Tahun Baru Imlek ini, makin banyak wisatawan Indonesia yang meng-upgrade akomodasi mereka dari bintang 1-3,5 menjadi 4-5. Juga ada lebih banyak permintaan dibanding tahun lalu untuk akomodasi alternatif, terutama di kalangan solo traveler.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: