Press "Enter" to skip to content
Hyundai TIGER (dok. Hyundai)

Hyundai Rancang Mobil Segala Medan, Bisa Dipakai di Mars

Hyundai sedang punya proyek mobil yang menarik. Mobil yang disebut TIGER itu memiliki desain bentuk yang unik dan kemampuan yang menarik sekali. Bentuknya seperti robot Transformer, tapi punya kemampuan menjelajah daerah-daerah yang sulit, termasuk nantinya digadang-gadang dapat menjelajah Planet Mars.

TIGER tidak didesain untuk mengangkut penumpang tapi didesain untuk eksplorasi penelitian atau membantu dalam penanganan bencana alam. Untuk keperluan itu, mobil otonom ini didesain berbeda dengan mobil khusus emergency lain. TIGER yang berbentuk mobil all-wheel drive ini memiliki kemampuan meninggikan empat kaki berodanya untuk memanjat berbagai halangan.

Kendaraan ini memiliki 28 motor dan 28 sensor di kaki-kakinya. Desainnya memungkinkan kendaraan ini bergerak ke segala arah, mundur, maju, atau lateral.

“Dengan kemampuan ini, TIGER mampu melakukan evaluasi/observasi 360 derajat di area reruntuhan, menangani jalur yang sangat menantang, dan mengeksplorasi permukaan yang ada di bulan atau planet,” demikian dijelaskan oleh Hyundai, seperti dilansir oleh Daily Mail.

TIGER adalah singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot. Ini merupakan pembaruan dari konsep Elevate yang dikembangkan oleh Hyundai pada 2019. Konsepnya berupa kendaraan memiliki empat kaki beroda, tapi didesain untuk mengangkut 2 penumpang. TIGER dan Elevate dikembangkan sebelum Hyundai mengakuisisi perusahaan pembuat robot Boston Dynamics senilai U$1.1 miliar pada Desember 2020 lalu. Jadi, kendaraan ini benar-benar dikembangkan sendiri oleh New Horizons Studio dari Hyundai Motor Group.

“Kendaraan seperti TIGER dan teknologi di baliknya memberikan peluang kepada kita untuk mendorong imajinasi kita. Kita terus mencari cara untuk mendesain kendaraan dan pengembangannya, dan menentukan masa depan transportasi dan mobilitas,” kata Dr. John Suh, Kepala New Horizons Studio.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: