Press "Enter" to skip to content

Kelihatan Lucu Sih, Tapi Berbahaya

Pepatah jangan menilai buku dari sampulnya bisa diterapkan juga pada dunia satwa. Di dunia ini ada banyak sekali hewan-hewan yang kelihatannya lucu, tapi mereka berbahaya bagi kita dan berpotensi membunuh. Hewan apa saja?

Berikut ini adalah 10 hewan yang tampak lucu tapi kamu harus waspadai karena dapat membunuhmu, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:
1. Ikan Buntal
Ikan ini muncul dalam film Finding Nemo. Penampilannya lucu. Tapi ia adalah ikan yang berbahaya untuk dimakan, kalau kamu tak pandai mengolahnya. Ikan buntal mengandung racun yang 1.200 kali lebih beracun dari sianida.
2. Kuda Nil
Sepintas ia tampak lamban, walau penampilannya bisa terlihat intimidatif. Tapi tahukah kamu bahwa kuda nil bisa lari lebih cepat dari manusia dan membunuh. Menurut data Britanica.com, terjadi 500-1000 kematian manusia akibat serangan kuda nil, setiap tahun.
3. Kukang
Kukang terlihat lamban dan wajahnya lembut. Tapi sebaiknya hindari deh kalau melihatnya di alam liar. Sebab mamalia ini cukup berbisa lho. Jika mereka merasa terancam, kukang dapat mencampur racun ke dalam liur dan bulunya untuk menyakiti pihak yang dianggapnya predator.
4. Beruang kutub
Hewan ini cantik dilihat dari bulunya yang putih. Namun, sebagai predator teratas di Arktik, beruang kutub melihat apapun sebagai mangsa, termasuk manusia. Penciumannya yang tajam seringkali menarik mereka ke komunitas manusia yang dipicu oleh keberadaan sampah, makanan yang disimpan, anjing yang dipunyai manusia, dan sebagainya. Akibatnya terjadilah konflik. Pada tahun-tahun terakhir ini, menurut WWF, sudah terjadi 22 serangan beruang kutub kepada manusia.
5. Kucing rumah
Memang, kucing tidak akan membunuh kita. Tapi hewan ini tercatat paling banyak menimbulkan kematian di sekitar manusia. Menurut catatan jurnal Nature, kucing rumah menyebabkan kematian 2,4 milar ekor burung, 12,3 miliar mamalia, dalam setahun di Amerika Serikat saja.
6. Rakun
Rakun memang tidak akan menyakitmu secara langsung. Tapi hewan ini dapat membawa penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti rabies, dan di tubuh mereka ada parasit-parasit yang berbahaya bagi manusia, seperti tungau. Manusia bisa terancam penyakit macam tularemia, leptospirosis, toksokariasis, jadi sebaiknya jangan menyentuh rakun ya
7. Kanguru
Di Australia, kanguru adalah binatang khas. Kasus serangan kanguru terhadap manusia jarang terjadi, tapi bukan berarti tidak ada. Sepanjang 1990-2002 terjadi setidaknya tiga kasus di mana kanguru mencederai manusia. Di Queensland, orang disarankan untuk menjauhi kanguru sebab mereka cukup agresif untuk menendang atau menggigit orang. Serangan kanguru biasanya terjadi pada hewan lain. Kanguru dikenal dapat membunuh anjing.
8. Platipus Paruh Bebek
Kalau di film kartun, platipus digambar sebagai agen rahasia. Platipus, satu dari sedikit mamalia yang bertelur ini cukup berbahaya lho bagi manusia. Platipus termasuk mamalia yang berbisa. Gigitan platipus jantan mampu memberikan sengatan seperti sengatan ratusan ekor lebah.
9. Moose atau rusa besar
Moose adalah kata yang dipakai orang Amerika untuk menyebut rusa besar ini. Kalau dalam bahasa Inggris British, ia disebut elk. Rusa ini memiliki nama ilmiah Alces alces. Dari jauh, tampilannya bisa kelihatan lucu. Tapi hewan ini cukup besar dan dapat membunuh kita. Catatan menyatakan, moose ini menyerang orang lebih banyak daripada beruang. Jadi, kalau melihatnya, mending menjauh deh.
10. Beruang panda
Sebenarnya, panda dikenal sebagai hewan herbivora yang makanannya bambu. Tapi dia bisa menyerang manusia dan dampaknya bisa mengerikan, bahkan sampai kematian.

Itulah 10 hewan yang kelihatannya lucu tapi sebetulnya berbahaya. Sebenarnya daftar ini masih panjang. Menurut kalian, hewan apa lagi yang kelihatannya lucu tapi berbahaya?

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: