Press "Enter" to skip to content

Chip Smart TV dari MediaTek Kini Terintegrasi dengan AI

Teknologi kecerdasan buatan (AI) sudah merambah ke berbagai sektor, termasuk smart TV. MediaTek menjadi perusahaan terkini yang meluncurkan chip smart TV yang terintegrasi dengan AI Processing Unit (APU) yaitu MT9638. 

Apa yang bisa dilakukan AI pada TV melalui chip baru itu? Dari keterangan resmi yang diterima Portal Sains diketahui bahwa teknologi AI akan hadir di sektor resolusi layar, kualitas gambar, dan voice assistant, kecepatan variable refresh rate (VRR) dan MEMC (motion estimation and motion compensation) yang diklaim membuat grafis tampak lebih halus. 

“Chip MT9638 ini akan memberikan pengalaman AI, multimedia, game, dan hiburan yang luar biasa kepada para konsumen dengan kualitas teater 4K,” ujar Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit, MediaTek

Dengan APU kustom, chip MediaTek ini akan menghadirkan performa tinggi komputasi AI ke beragam produk smart TV. Dengan teknologi kualitas gambar AI built-in, chip ini memungkinkan tampilan konten secara real-time dan pengenalan adegan, yang secara otomatis menyesuaikan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerakan dinamis, dan pengurangan noise. 

Teknologi resolusi super AI berkombinasi dengan teknologi MEMC akan meningkatkan resolusi melalui penggabungan multi-frame. Hasilnya adalah gambar yang lebih jelas pada resolusi asli smart TV. 

Chip ini mendukung teknologi konektivitas terbaru termasuk Wi-Fi 6 dan HDMI 2.1, yang mengintegrasikan dukungan untuk VRR agar sesuai dengan film atau kecepatan bingkai game konsol untuk menghindari layar gambar pecah. 

MT9638 juga mendukung aplikasi-aplikasi yang didukung oleh pengenalan suara AI dan panggilan video berkemampuan AI untuk menghadirkan interaksi anggota keluarga dengan teman dan sanak saudara di masa pembatasan sosial ini. 

Berikut ini beberapa teknologi yang didukung oleh chip anyar MediaTek ini: 

  • Multi-core Arm Cortex-A55 CPU, Arm Mali-G52 GPU, dan APU MediaTek yang terintegrasi ke dalam satu chip, diklaim akan menghasilkan kinerja unggul sekaligus sangat hemat daya. 
  • Dukungan resolusi hingga 4K60 dengan mesin multimedia decoding untuk HEVC, VP9 dan konten AV1 terbaru. 
  • Dukungan tampilan HDR10+, memungkinkan peredupan lokal dengan lampu latar susunan penuh dengan >2000 zona. 
  • Mendukung audio Dolby Atmos premium dan DTS Virtual X. 
  • Antarmuka HDMI 2.1a dan USB 3.0 terbaru, menambah dukungan selain konektivitas Wi-Fi 6. 
  • Dengan hingga empat mikrofon jarak jauh, chip ini memungkinkan voice assistant menjangkau seluruh ruangan dengan konsumsi daya sangat rendah (0,5W) saat kondisi standby dan sangat cepat, ringkasan satu detik untuk pengaktifan kata-kata. 

Smart TV dengan chip 4K MT9638 diharapkan akan menjangkau konsumen pada Q2 2021. 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: