Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi chipset (Dok. Michaił Nowa/Pixabay)

Hadirkan AI dan 5G ke Tablet dan Notebook

Teknologi kecerdasan buatan (AI) sudah merambah ke berbagai bidang dan makin banyak perangkat yang bisa menggunakan teknologi ini di dalamnya. MediaTek meluncurkan chipset baru yang memungkinkan hadirnya teknologi AI di tablet dan notebook. Tak hanya itu, hardware ini juga memungkinkan tablet dan notebook beroperasi di jaringan cepat 5G.

MediaTek baru-baru ini meluncurkan chipset Kompanio 900T, yang memungkinkan pabrikan menanamkan teknologi anyar macam AI dan 5G tapi juga dapat merancang perangkat komputasi seluler yang kuat, tipis, dan ringan dengan masa pakai baterai yang lama. Keluarga Kompanio sebelumnya banyak digunakan di sejumlah merek laptop dan tablet Chromebook.

Kompanio 900T diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran Kompanio 1300T yang dirancang khusus untuk tablet premium. Platform Kompanio MediaTek diklaim menggabungkan kemampuan komputasi yang kuat dan konsumsi daya yang sangat rendah dengan teknologi canggih MediaTek untuk multimedia, AI (Artificial Intelligence), game, dan konektivitas nirkabel.

“Dengan platform MediaTek Kompanio, pengguna dapat mengandalkan pengalaman komputasi seluler yang luar biasa,” kata Zeng Baoqing, General Manajer of MediaTek’s Intelligent Multimedia Division, dalam keterangannya. “Kompanio 900 menghadirkan daya komputasi tangguh, fitur multimedia audio dan video yang luar biasa, kemampuan gaming yang lancar, serta fitur 5G dan nirkabel terbaru, sehingga pengguna dapat memaksimalkan perangkat mereka.”

Kompanio 900T dibuat dengan proses 6nm dan mengintegrasikan arsitektur CPU octa-core dengan dua core Arm Cortex-A78 yang powerful dan enam core Arm Cortex-A55 yang hemat energi, ditambah Arm Mali-G68 GPU dan MediaTek APU (AI prosesor) untuk daya komputasi seluler yang tinggi.

Chipset ini juga mendukung memori LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1, dan juga dapat disesuaikan dengan refresh rate layar sampai dengan 120Hz pada resolusi 2K. Fitur-fitur lainnya meliputi:

  • Jaringan 5G berkecepatan tinggi dengan mengintegrasikan modem 5G dan mendukung jaringan mode ganda standalone (SA) dan non-standalone (NSA) dengan cakupan penuh 5G sub-6GHz, bersama dengan agregasi dual-carrier 5G dan layanan Voice over New Radio (VoNR). Dikombinasikan dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, pengguna dapat memanfaatkan jaringan 5G berkecepatan tinggi sekaligus menikmati masa pakai baterai yang lebih lama.
  • Konektivitas nirkabel 2×2 MIMO Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2 untuk konektivitas yang lebih cepat dan andal. Kompanio 900T juga memungkinkan beberapa ekstensi periferal.
  • Multimedia audio dan video yang luar biasa. Sebab chipset ini dilengkapi dengan teknologi visual MiraVision dari MediaTek yang disempurnakan oleh teknologi AI untuk meningkatkan konten video SDR hingga mendekati kualitas HDR dan meningkatkan HDR10 hingga mendekati HDR10+, juga mendukung fitur peningkatan kualitas gambar pemutaran video HDR10+ secara real-time.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: