Press "Enter" to skip to content
rapat atau meeting virtual (foto: Jagrit Parajuli/Pixabay)

Kelelahan Karena Zoom Meeting? Coba Matikan Kamera

Pernahkah kamu merasa letih saat mengikuti rapat melalui aplikasi video conference? Sebuah studi mendapati bahwa mematikan camera bisa membantu mengatasi kelelahanmu.

Peneliti mendapati bahwa karyawan yang terus menyalakan kamera selama rapat di platform seperti Zoom akan merasa lebih lelah di penghujung hari. Menariknya, efek ini lebih banyak dialami oleh kaum wanita.

Ada kemungkinan hal ini disebabkan karena wanita atau karyawan baru lebih terpengaruh oleh ‘presentasi diri’ mereka, maksudnya, mereka ingin menampilkan diri dengan cara tertentu untuk membentuk image diri, yang akhirnya menimbulkan rasa lelah.

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari berbagai institusi di AS, termasuk University of Arizona dan University of Arkansas ini dilakukan pada aplikasi Zoom yang terpopuler dan beberapa aplikasi lain seperti WebEx, Microsoft Teams, dan Skype.

“Terjadinya pandemi Covid-19 mendorong banyak karyawan bekerja secara jarak jauh, dan rapat tatap muka digantikan dengan rapat virtual,” kata para peneliti di Journal of Applied Psychology, seperti dilansir Daily Mail. “Peningkatan penggunaan rapat virtual ini melahirkan zoom fatigue, yang digambarkan sebagai perusahaan terkuras dan kekurangan energi setelah seharian rapat virtual.”

Penelitian ini dengan sebanyak 1.408 observasi harian terhadap 103 karyawan yang mengikuti rapat dengan kamera menyala maupun tidak menyala, selama empat pekan atau 19 hari kerja pada Agustus dan September 2020.

Setengah partisipan menyalakan kamera pada dua pekan pertama penelitian. Lalu pada dua pekan selanjutnya mereka mematikan kamera. Begitu juga sebaliknya untuk setengah partisipan lainnya.

Di akhir setiap hari kerja, peserta dikirimi tautan ke survei harian yang menilai kelelahan untuk hari kerja itu, serta dua faktor terkait kinerja lainnya, yaitu ‘suara’ dan ‘engagement‘.

Suara mengacu pada menyuarakan ide dalam rapat, sedangkan engagement adalah sejauh mana mereka merasa terlibat dengan konten rapat.

Setelah mengumpulkan dan menganalisis hasilnya, para peneliti menemukan hubungan antara tingkat kelelahan yang lebih tinggi dan menyalakan kamera. Hubungan ini lebih kuat pada wanita ketimbang pria.

Yang juga menarik adalah lamanya waktu kerja mereka di perusahaan, juga terkait dengan kelelahan itu. Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama memiliki lebih banyak waktu untuk menciptakan dan memperbaiki citra diri mereka dibandingkan dengan karyawan baru.

Karyawan yang telah bersama perusahaan lebih lama kemungkinan akan mengalami lebih sedikit kelelahan dalam memproses dan mengelola bagaimana mereka dilihat di depan kamera.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: