Press "Enter" to skip to content
Prosesor desktop terbaru Intel Core generasi ke-12 (Foto: dok. Intel)

Intel Luncurkan Keluarga Baru Prosesor Intel Core

Bertepatan dengan penyelenggaraan event virtual Intel Innovation yang digelar pada 27-28 Oktober 2021, Intel meluncurkan prosesor desktop Intel Core generasi ke-12. Ada enam prosesor yang diluncurkan hari ini, termasuk Intel Core i9-12900K, yang diklaim sebagai prosesor gaming terbaik di dunia.

Prosesor Intel Core i9-12900K hadir dengan lompatan performa dengan kemampuan max turbo boost hingga 5.2 GHz dan memiliki 16 core serta 24 thread. Prosesor desktop terbaru ini mencapai performa multi-thread yang paling unggul, khusus bagi para enthusiast gamer dan kreator profesional.

Sebetulnya anggota lengkap keluarga Intel Core generasi ke-12 ini mencakup 60 prosesor, yang dirancang untuk mendukung lebih dari 500 desain PC dari berbagai OEM.

Sebagaimana yang diungkapkan pada Intel Architecture Day 2021, performance hybrid architecture terbaru dan yang pertama dibangun menggunakan teknologi proses Intel 7 ini mampu menghadirkan performa yang scalable, dari 9 hingga 125 watt untuk mendukung berbagai segmen PC, dari laptop yang tipis dan ringan hingga jenis enthusiast desktop dengan performa tertinggi.

“Ini lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya,” kata Gregory Bryant, Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group, dalam keterangan resmi.

Prosesor flagship Core i9-12900K hadir sebagai salah satu pendahulu di antara Intel Core generasi ke-12. Namun enam prosesor desktop yang diluncurkan hari ini adalah prosesor pertama yang berbasis performance hybrid architecture dari Intel.

Keenam prosesor ini menampilkan kombinasi dari Performance-cores (P-cores), CPU core berperforma paling tinggi yang pernah dirancang oleh Intel, dan Efficient-cores (E-cores), yang didesain untuk performa workload multi-thread yang memiliki skalabilitas tinggi.

Dengan teknologi Intel® Thread Director, prosesor ini memungkinkan dua core microarchitecture bekerja secara mulus dengan cara memandu operating system (OS) menempatkan thread yang tepat pada core yang tepat pada waktu yang tepat. Intel telah bekerja sama dengan ekosistem untuk melakukan pengujian ekstensif untuk mengoptimalkan performa dan kompatibilitas.

Sebagai bagian dari inisiatif untuk memperkuat investasi di komunitas developer, Intel telah menerbitkan white paper bagi para developer berupa panduan bagaimana vendor software independen dapat mengoptimalkan aplikasi untuk platform performance hybrid.

Prosesor terbaru ini juga akan mencapai kinerja optimalnya kalau digunakan pada PC berbasis Windows 11 terbaru. “Dengan Windows 11 dan teknologi terbaru Thread Director dari Intel, para pengguna akan merasakan tingkat performa PC yang jauh lebih tinggi melalui keluarga prosesor 12th Gen Intel Core,” kata Panos Panay, Executive Vice President dan Chief Product Officer, Microsoft.

Selain prosesor desktop Intel Core terbaru, Intel juga meluncurkan Chipset Intel 600 Series terbaru. Hadirnya lane terbaru pada PCIe Gen 4.0 membuat total lane pada chipset ini menjadi 28 lane, USB 3.2 Gen 2×2 yang terintegrasi telah menggandakan bandwidth, DMI Gen 4.0 meningkatkan throughput dari chipset ke CPU untuk menghasilkan akses yang cepat ke perangkat periferal dan jaringan.

Untuk pertama kalinya Intel memboyong Intel® Volume Management Device (VMD) ke chipset PC untuk menyederhanakan pengelolaan storage dengan cara mengizinkan kontrol dan pengelolaan langsung SSD berbasis NVMe dari PCIe bus tanpa tambahan RAID controller atau adaptor hardware yang lain.

Prosesor desktop Intel Core generasi k1-12 yang sudah unlock kini tersedia melalui program pre-order dari OEM, channel partner, dan retail yang berpartisipasi. Namun secara luas akan tersedia mulai 4 November 2021.  Harganya mulai dari US$264 sampai US$589 untuk prosesor desktop yang sudah unlock.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: