Press "Enter" to skip to content
Aksi bersih-bersih pantai Kuta, Bali, oleh relawan Agoda dan mitra akomodasi. (Foto. dok. Agoda)

Ada Bersih-Bersih di Pantai Kuta

Pantai yang tercemar menghilangkan keindahannya. Selain itu, ekosistem juga terancam. Dan lebih jauh, sektor pariwisata dapat terganggu. Siap yang mau piknik ke pantai dan perairan yang tercemar, kan?

Masalah pencemaran lingkungan adalah kekhawatiran terbesar kedua yang muncul dalam survei Sustainable Travel Trends 2021 Agoda.

Oleh sebab itu, Agoda menggelar aksi bersih Pantai Kuta di Bali, pada 29 Oktober lalu. Acara yang digelar sehari setelah peringatan Sumpah Pemuda itu diikuti oleh 200 peserta, termasuk 50 orang relawan Agoda serta 100 partner hotel Agoda.

Pantai Kuta adalah destinasi populer di Indonesia. Namun selama musim penghujan, jumlah sampah terus menumpuk karena air laut yang pasang membawa berbagai sampah dari tengah laut atau darat. Sampah-sampah ini kebanyakan tidak ramah lingkungan dan berbahaya bagi biota laut.

Bermodalkan sarung tangan, karyawan Agoda dan partner akomodasi berhasilmemungut berkantong-kantong sampah yang berserakan di Pantai Kuta, tepatnya di kawasan Legian.

“Berkontribusi kepada masyarakat adalah bagian dari budaya Agoda. Kami mendorong karyawan kami untuk mengambil hari libur dan menjadi relawan untuk tujuan yang mereka yakini dan mendukung komunitas di mana kami bekerja. Hari ini relawan Agoda bangga bisa bekerja bersama dengan partner hotel kami untuk berkontribusi pada masyarakat lokal di Bali dan menjadi bagian dari perubahan, membantu melindungi pantai, saat kami secara bertahap membuka pariwisata, dan dengan demikian berkontribusi pada pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung pantai,” kata Gede Gunawan, Senior Country Director, Indonesia, Agoda.

Inisiatif bersih pantai di Bali adalah yang ketiga dari rangkaian kegiatan bersih pantai #MyPledge global Agoda, setelah dua kegiatan sebelumnya dilakukan di Singapura dan Phuket, Thailand masing-masing pada bulan Agustus dan September. Agoda akan terus menjalankan kegiatan yang melibatkan karyawan seperti ini di negara-negara lain di dunia, termasuk Hong Kong dan Bangkok hingga akhir tahun ini.

Sebagai bagian dari kampanye #MyPledge, Agoda bekerja sama dengan para influencer di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk meningkatkan kesadaran akan dampak pariwisata terhadap lingkungan dan mengajak masyarakat untuk berbagi komitmen tentang langkah-langkah sederhana yang mereka janjikan untuk bepergian secara berkelanjutan di masa depan.

Kegiatan bersih pantai ini didukung oleh komunitas Legian serta komunitas pariwisata seperti Agoda Hotels Partners, Bali Hotels Association, Indonesian Hotels General Manager Associations (Bali), Bali Sales & Marketing Community, dan Nawacita Pariwisata Indonesia (Bali).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: