Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi Wi-Fi (Foto: Pixabay)

MediaTek Demonstrasikan Wi-Fi 7 Pertama di Dunia

Teknologi konektivitas nirkabel Wi-Fi terus berkembang. MediaTek baru saja mendemonstrasikan teknologi Wi-Fi 7 yang pertama di dunia. Dengan kehadiran teknologi ini, konektivitas Wi-Fi 7 Filogic diklaim dapat menjadi pengganti kabel/Ethernet untuk aplikasi bandwidth super tinggi.

“Teknologi Wi-Fi 7 MediaTek akan menjadi tulang punggung jaringan rumah, perkantoran, dan industri serta menyediakan konektivitas tanpa batas untuk semuanya, mulai aplikasi AR/VR multi-player, cloud gaming, panggilan 4K hingga streaming 8K dan sebagainya,” kata Alan Hsu, Corporate Vice President and General Manager of the Intelligent Connectivity Business at MediaTek, dalam keterangannya.

Baca: MediaTek Umumkan Solusi WiFi yang Diklaim Lebih Ngebut

Dari demonstrasi itu ditunjukkan bagaimana teknologi Wi-Fi 7 Filogic dapat memberikan kecepatan maksimum yang ditentukan oleh IEEE 802.11be dan mendemonstrasikan teknologi multi-link operation (MLO). Teknologi MLO menggabungkan beberapa saluran pita frekuensi berbeda pada saat yang sama untuk menonjolkan bagaimana trafik jaringan tetap dapat mengalir dengan lancar, bahkan jika terdapat gangguan atau kemacetan pada pita tersebut.

Teknologi MLO penting sekali untuk streaming video, game, dan aplikasi yang membutuhkan permintaan throughput (ukuran bandwidth sebenarnya) yang konstan, berkelanjutan, dan real time.

Baca juga: Tips Aman Mengakses WiFi Gratisan

Sebelumnya, teknologi Wi-Fi berkecepatan tinggi yang dipakai saat ini adalah Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E. Dengan makin tingginya penggunaan aplikasi haus bandwith macam streaming video HD, TV 8K, game VR, dan sebagainya telah mendorong demand terhadap konektivitas Wi-Fi yang lebih cepat.

MediaTek sendiri terlibat dalam pengembangan standar Wi-Fi 7. Konektivitas ini mampu menghadirkan kecepatan di semua spektrum, yaitu 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Wi-Fi 7 diklaim dapat menyajikan kecepatan 2,4X lebih cepat daripada Wi-Fi 6. Wi-Fi 7 sendiri memanfaatkan saluran 320Mhz dan mendukung teknologi modulasi amplitudo kuadratur (QAM) 4K.

Fitur penting lainnya dari Wi-Fi 7, termasuk MLO untuk mengurangi latensi dengan mentransmisikan Wi-Fi pada beberapa pita, di samping fitur unit sumber daya multi-pengguna (MRU) untuk menghindari dan mitigasi interferensi yang ditingkatkan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: