Press "Enter" to skip to content

Mengenal Empat Musim dan Karakteristiknya

Musim adalah periodisasi waktu dalam setahun yang bisa kita kenali melalui kondisi cuaca dan panjangnya waktu siang dalam sehari. Di luar belahan bumi tropis terdapat empat musim yang kita kenal, yaitu musim dingin (winter), musim semi, musim panas, dan musim gugur (Autumn).

Berikut ini penjelasan mengenai keempat musim, seperti dilansir dari Live Science:

Musim Semi (Spring)
Pada musim semi, benih mulai berakar dan vegetasi mulai bertumbuh. Cuaca menjadi lebih hangat dan seringkali basah. Hewan-hewan yang melakukan hibernasi pada musim dingin bangun dan kembali beraktivitas. Malahan ada yang menggunakan waktu ini untuk bereproduksi kembali.

Salju dari musim sebelumnya sudah mencair dan curah hujan biasanya meningkat, sehingga kadang-kadang di beberapa negara mengalami banjir saat musim semi.

Musim semi, menurut penanggalan meteorogical di belahan bumi utara (northern hemisphere), berlangsung mulai 1 Maret sampai dengan 31 Mei.

Musim Panas (Summer)
Pada musim panas, temperatur meningkat lagi sampai mencapai yang tertinggi tahun itu. Bila terlalu tinggi dapat menyebabkan gelombang panas dan gelombang kekeringan panjang yang menyebabkan masalah bagi manusia dan lingkungan. Sebagai contoh, menurut Encyclopedia Britannica, pada 2003 pernah terjadi gelombang panas yang menyebabkan 30.000 lebih orang tewas. Pada musim ini, pasokan air berkurang dan hutan tak jarang mengalami kebakaran hebat.

Musim panas berlangsung pada 1 Juni sampai dengan 31 Agustus.

Musim Gugur (Fall/Autumn)
Pada musim gugur, temperatur menurun kembali. Tumbuhan mulai mengalami dormansi (dormant). Dormansi adalah keadaan di mana tumbuhan berhenti tumbuh. Tapi mereka tidak mati. Dormansi adalah cara mereka untuk mengkonservasi energi dengan cara mengkonsumsi kandungan gula dan karbohidrat yang mereka produksi selama musim sebelumnya, supaya mereka bisa bertahan hidup pada musim dingin.

Beberapa negara menyelenggarakan perayaan tertentu pada musim gugur. Contohnya adalah Thanksgiving.

Musim gugur (autumn) berlangsung mulai 1 September sampai 30 November

Musim Dingin (Winter)
Musim dingin ditandai dengan temperatur yang rendah bahkan di bawah nol derajat. Beberapa negara mengalami turunnya salju. Hewan-hewan akan mencari cara untuk menjaga temperatur tumbuh mereka. Ada yang mengubah tampilannya dan ada juga yang memilih untuk hibernasi. Musim dingin berlangsung mulai 1 Desember sampai 28 Februari.

Walau ada empat musim yang biasanya terjadi di belahan bumi utara dan selatan, situasi dan kondisi tiap musim akan berbeda-beda di banyak wilayah. Kawasan Bumi yang semakin mendekati ke kutub biasanya akan lebih dingin, lebih bersalju. Sedangkan yang mendekati ke khatulistiwa akan mengalami summer yang lebih panas.

Apa penyebab terjadinya perubahan musim? Ini disebabkan oleh kemiringan Bumi ke arah Matahari. Planet Bumi berputar di sumbunya. Pada waktu yang berbeda di sepanjang tahun, sumbu utara dan sumbu selatan Bumi akan lebih dekat ke matahari. Selama waktu belahan bumi yang lebih dekat ke matahari akan mengalami musim panas. Sementara yang miring menjauh matahari akan mengalami musim dingin.

Sementara di lokasi lain yang tidak ikut miring ke arah atau menjauhi matahari akan mengalami musim semi atau musim gugur.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: