Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi MotoGP (Foto: Rudy and Peter Skitterians/Pixabay)

Aspal di Sirkuit MotoGP Mandalika, Benarkah Mudah Terkelupas?

Tes MotoGP di sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sudah berakhir pada 13 Februari lalu. Salah satu hal yang disoroti dari sirkuit baru itu adalah kualitas aspalnya. Sebagian pembalap mengkritisi trek yang kotor dan aspal yang terkelupas sehingga melepaskan kerikil-kerikil kecil.

Salah satunya adalah pembalap Ducati, Francesco Bagnaia. Masalah kerikil di Mandalika, kata dia, bisa menjadi masalah serius ketika pembalap berdekatan saat berpacu.

Dwianto Eko Winaryo, Direktur Kontruksi dan Pengembangan dari Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA), pada September 2021 lalu mengatakan bahwa permukaan sirkuit Mandalika sudah memakai material terbaik. Dia menuturkan bahwa tipe aspal yang dipakai adalah Stone Mastic Asphalt (SMA), yang sudah digunakan di sirkuit-sirkuit terbaru.

Tipe aspal SMA itu disebut dapat memberikan grip yang baik saat akselerasi dan resistensi yang baik saat mengurangi kecepatan. Sehingga pembalap bisa mengontrol motornya dengan baik. Waktu itu Dwi mengatakan, pembuatan lapisan permukaan sirkuit itu tidak mudah. Bahkan materialnya dites sampai ke Irlandia.

Dari sumber lain diketahui bahwa aspal yang digunakan itu didatangkan langsung dari Inggris untuk memoles lapisan ketiga atau lapisan teratas trek di sirkuit Mandalika.

Dilansir dari Science Direct, SMA adalah jenis aspal yang merupakan campuran dari aspal semen, agregat kasar, pasir hancur, dan aditif. Jenis aspal ini biasa digunakan di jalan protokol utama dengan lalu lintas yang padat. SMA tidak membuat karet ban lekas aus dan tahan terhadap abrasi yang disebabkan oleh gesekan ban kendaraan. Aspal ini juga tahan lama dan tahan pada perubahan temperatur.

Jadi, apa yang terjadi di sirkuit Mandalika? Mengapa aspal di sana lekas terkelupas? Apa solusinya?

Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda, kepada CNNIndonesia.com mengatakan mereka akan menunggu laporan pihak Dorna terkait perbaikan trek Sirkuit Mandalika.

Sementara Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, seperti dilansir Detik.com, menjelaskan akan ada resurfacing aspal di beberapa spot Sirkuit Mandalika.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: