Press "Enter" to skip to content
Gaming Hub yang diperkenalkan di ajang virtual Samsung Unbox & Discover, Rabu (30/3) kemarin.

Samsung Ungkap Teknologi Baru Smart TV

Setelah ajang CES, Samsung kembali menggelar acara virtual Unbox & Discover pada Rabu (30/3) kemarin. Beberapa teknologi baru untuk smart TV yang disingkapkan di ajang itu antara lain:

Neo QLED 8K
Neo QLED 8K TV 2022 telah di-upgrade dengan versi terbaru dari Neural Quantum Processor 8K. Prosesor terbaru ini memiliki 20 jaringan neural AI independen, masing-masing menganalisis karakteristik dan kualitas gambar konten untuk menghadirkan tampilan yang optimal, apapun sumbernya.

Neural Quantum Processor 8K telah melahirkan inovasi Real Depth Enhancer, yang mampu memindai layar dan memaksimalkan kontras dengan background dengan cara memperbaiki objek tanpa memproses background. Cara kerjanya serupa dengan cara kerja mata manusia mengolah gambar dalam kehidupan nyata, sehingga objek di layar akan terlihat lebih menonjol di depan background.

Prosesor ini dikombinasikan dengan Quantum Mini LED menciptakan pencahayaan yang presisi dan terkontrol sehingga area terang tetap terjaga keterangannya, sementara area gelap di sekitarnya akan tetap gelap, yang disebut Shape Adaptive Light Control. Sebagai contoh, bulan purnama akan tetap terang benderang di tengah langit malam yang kelam.

Di sisi lain, Samsung menyatakan perangkat QLED terbaru untuk tahun 2022 juga telah mendapatkan sertifikasi layar ‘Pantone Validated’ pertama di dunia dari Pantone, otoritas global untuk warna dan pencipta Pantone Matching System (PMS). Artinya, model-model tersebut secara otentik mereproduksi lebih dari 2.000 warna serta 110 nuansa warna kulit terbaru yang ada di dalam pedoman Pantone.

Audio yang Pintar 
Teknologi AI di Neural Quantum Processor 8K menganalisis konten layar secara real-time sehingga fitur Adaptive Sound dapat melacak dan berpindah antar speaker untuk menyesuaikan dengan pergerakan di layar secara presisi.

Pada QN900B, model flagship Neo QLED 8K TV, semua suara hadir dari sistem audio 6.2.4 channel 90W, yang terdiri dari top channel speakers terbaru dan Dolby Atmos dengan Object Tracking Sound Pro. Teknologi ini juga telah diterapkan pada pengenalan suara dengan Voice Tracking Sound, sehingga efek suara dan percakapan benar-benar mengikuti pergerakan di layar.

Samsung juga memperkenalkan Wireless Dolby Atmos ke Neo QLED 4K dan 8K TV untuk kemudahan menikmati audio berkualitas tanpa keruwetan kabel HDMI. Wireless Dolby Atmos juga akan dibenamkan di Samsung Ultra Slim Soundbar 2022 terbaru.

Smart Hub  
Tahun ini, Samsung juga menghadirkan Smart Hub, user interface terbaru yang ditenagai oleh Tizen. Samsung Smart Hub menghadirkan home screen dengan tab-tab baru, yang terbagi dalam tiga kategori: Media, Gaming Hub, dan Ambient.

Fitur Media akan mengatur opsi hiburan termasuk video on demand, streaming, dan Samsung TV Plus. Sedangkan Gaming Hub menjadi platform pencarian game streaming yang menjembatani hardware dan software. Tidak perlu men-download, tidak perlu penyimpanan, pengguna bisa langsung main game. Samsung bahkan sudah bermitra dengan layanan game streaming NVIDIA GeForce NOW, Stadia™ dan Utomik. Adapun ambient akan meningkatkan estetika rumah, baik dengan cara menyinkronkan tampilan layar dengan dekorasi sekitarnya, ataupun menarik perhatian dengan menampilkan seni yang eye-catching.

Pengalaman Gaming Baru
Selain Gaming Hub, jajaran produk 2022 juga hadir dengan spesifikasi dan fitur yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman gaming yang baru, meliputi empat port yang mendukung HDMI 2.1, gaming dengan Motion Xcelerator Turbo Pro 4K 144Hz, Super Ultrawide GameView dan Game Bar. Dengan peningkatan kualitas gambar dan setting, game akan menjadi lebih realistis. Dalam waktu dekat, Samsung juga meluncurkan jajaran TV khusus gaming dalam ukuran 43 dan 50 inci.

NFT Platform
Samsung juga memperkenalkan Samsung NFT Platform, yang bermitra dengan Nifty Gateway. Ambient mode akan menawarkan one-stop NFT platform untuk mengeksplorasi dan menampilkan karya digital NFT di jajaran Neo QLED dan QLED TV 2022.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: