Press "Enter" to skip to content

Fakta-Fakta TV Neo QLED 8K dari Samsung

Samsung kembali menyingkapkan beberapa teknologi dan fitur baru untuk jajaran produk TV premium tahun 2022, di acara Media Forum 2022, baru-baru ini. Dengan kualitas gambar yang lebih baik, Samsung juga memberikan peningkatan fitur AI dan hardware.

Apa saja fitur-fitur lain yang disematkan di TV itu? Simak yuk fakta-fakta TV premium Neo QLED 8K dari Samsung untuk tahun 2022:

Kualitas Gambar
Pada 2021, Neo QLED hadir dengan unit Mini LED yang berukuran 1/40 dan 33 kali lebih banyak daripada TV LED konvensional, dan meningkatkan prosesor AI 8K. Tujuannya menghasilkan kontras yang lebih baik dan gambar yang lebih tajam.

Pada tahun 2022, Samsung Neo QLED 8K hadir dengan kualitas gambar tingkat tertinggi yang dapat dilihat oleh mata manusia. Kuncinya adalah teknologi bernama 14-bit Contrast Mapping, Shape Adaptive Light Control, dan Neural Quantum Processor 8K.

14-bit contrast mapping menampilkan warna 4 kali lebih presisi ketimbang model tahun 2021 sehingga kita melihat detail di semua jenis scene, gelap maupun terang. Adapun Shape Adaptive Light Control akan memungkinkan TV mengontrol bentuk backlight, yang membuat terang area yang harus terang tanpa menyebabkan blooming ke area sekitarnya. Gambar pun akan terlihat lebih cerah, lebih hidup, dan lebih baik.

Lalu, Neural Quantum Processor 8K tahun ini hadir dengan total 20 neural AI network independen yang menganalisa sumber konten berdasarkan jenis dan karakteristik lainnya. Empat neural network tambahan menambah presisi dan akurasi dalam melakukan upscaling jenis konten tertentu, seperti video streaming, video Youtube, siaran TV, dan lainnya. Selain itu, fitur ini memberikan peningkatan pada efek tiga dimensi dan peningkatan untuk game cloud.

Gaming
Neo QLED 2022 hadir dengan Cloud Gaming, HDR10+ Gaming, dan mengoptimalkan kualitas gambar untuk setiap genre game. Dengan Cloud Gaming, gamer tidak perlu menginstal atau mengunduh apa pun. Namun, streaming online punya masalah di detail dan noise dalam kompresi video. Teknologi upscaling berbasis AI dari Samsung akan meningkatkan kualitas gambar, menghidupkan detail dan tekstur serta mengurangi noise.

Lalu fitur HDR10+ gaming untuk pengalaman gaming paling responsif dan akurat.

Samsung juga membuat mode khusus game untuk setiap genre. Pengaturan di Samsung TV dapat dioptimalkan untuk hampir semua genre mulai dari FPS hingga RTS, RPG, Sport, dan lainnya.

MICRO LED
Samsung memperluas jajaran MICRO LED TV ke dalam ukuran baru 110 inci, 101 inci, dan 89 inci. MICRO LED adalah teknologi layar yang memberikan pengalaman unik dengan kualitas gambar seperti aslinya dalam format modular yang inovatif.

Samsung mengintegrasikan 24 juta chip dalam area layar tertentu dengan teknologi manufaktur terbaru yang meningkatkan efisiensi hingga 1.500 kali lipat. Dengan peningkatan ini, MICRO LED menawarkan 100 persen color gamut DCI dan Adobe RGB, dan black level yang sempurna.

Layar MICRO LED juga kompatibel dengan HDR untuk lebih meningkatkan kualitas gambar dan pengalaman menonton. Di layar, tekstur dan dimensi menjadi hidup melalui gradasi tak terbatas sementara pemrosesan 20-bit menawarkan ekspresi grayscale paling akurat.

Perangkat Sound
Samsung hadir dengan perangkat soundbar flagship Q990B yang menawarkan komposisi 11.1.4 channel Dolby ATMOS, yang disertai wireless rear speaker, main body, serta sebuah subwoofer. Lalu ada teknologi Q-Symphony yang menciptakan 3D soundscape dengan melakukan sinkronisasi output dari sebuah soundbar dan Samsung QLED TV untuk menghadirkan pengalaman sinematik

Soundbar untuk tahun 2022 juga sudah diperkuat Wireless Dolby Atmos untuk menikmati sound berkualitas tanpa kabel yang merepotkan, penambahan speaker top channel untuk menghasilkan hingga 22 channel sound, menciptakan pengalaman suara tiga dimensi yang benar-benar imersif dari segala arah.

Samsung juga menghadirkan jajaran soundbar yang sangat ramping bagi konsumen yang ingin menempatkan soundbar di dinding atau menyatu dengan desain interior rumah. Serta soundbar S Series yang didesain bagi konsumen yang menginginkan produk yang stylish. Seri ini hadir dengan desain yang serba baru, termasuk lapisan logam yang ramping dan ukuran yang ringkas, Seri S adalah pasangan yang estetik untuk Lifestyle TV seperti The Frame.

Pengalaman Multi-Device
Samsung telah merancang jajaran TV terbaru tahun 2022 ini dengan serangkaian fitur cerdas dan pengalaman multi-device, seperti UI baru dengan Smart Hub yang memudahkan kategorisasi fitur dan konten untuk kemudahan penggunaan.

Dengan SmartThings, TV akan menjadi sebuah central hub untuk mengontrol berbagai perangkat lain di rumah. Lalu fitur MultiView memungkinkan Anda membagi layar menjadi empat untuk menyaksikan konten dari empat sumber berbeda pada waktu yang sama. Sebagai contoh, saat Anda memainkan game, Anda bisa menyaksikan streaming video, sambil mendengarkan musik.

Samsung juga menghadirkan NFT Platform di jajaran TV tahun ini. Di mana pengguna bisa melakukan preview NFT, mengecek detail artwork termasuk judul dan nama senimannya.

Jajaran TV premium Samsung tahun ini menghadirkan Samsung Health di mana Anda tidak hanya bisa berolahraga juga tapi juga melacak kemajuan dan rutinitas. Di samping itu, hadirnya Google Duo, membuat Anda bisa terhubung dengan orang lain melalui video call.

Samsung TV tahun ini juga sudah dilengkapi dengan Gaming Hub, walau tidak untuk semua negara. Gaming Hub adalah channel untuk mengakses game-game favorit pengguna, apapun platformnya, baik game streaming, PC, atau pun konsol. Di dalamnya terdapat Game Bar yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur pengaturan yang bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna. Fitur lainnya adalah fungsi Minimap zoom, yang cocok bagi gamer yang suka menggunakan ultra wide mode. Pengguna bisa memperbesar atau meletakkan minimap di mana saja untuk kemudahan pemantauan permainan.

TV Lifestyle 2022
Pada produk Lifestyle TV 2022, Samsung menghadirkan hal-hal baru yaitu:

Matte Display
Riset internal Samsung mendapati bahwa pengguna The Frame menghabiskan waktu rata-rata 7 jam per hari untuk mengamati berbagai karya seni, baik ketika TV terpapar sinar matahari pada saat siang atau cahaya lampu ruangan saat malam.

TV Lifestyle Samsung tahun 2022 sudah menggunakan Matte Display untuk mencegah pantulan cahaya yang menimpa layar TV. Inovasi ini adalah panel anti-silau yang inovatif, dengan embossing berukuran mikro yang tertanam dalam lapisan film. Teknologi ini akan menyebarkan cahaya ke berbagai arah. Teknologi ini sudah dibenamkan di The Frame, The Serif, dan The Sero pada tahun ini.

EyeComfort Mode
Dengan Mode EyeComfort, TV akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya sekitar yang terdeteksi. Menggunakan kombinasi sensor cahaya bawaan serta waktu matahari terbit dan terbenam setempat, layar akan secara otomatis menyesuaikan keluaran cahaya biru dan mengubahnya ke tone yang lebih hangat atau lebih dingin berdasarkan waktu.

Smart Calibration
Mulai tahun ini, pengguna Samsung Smart TV dapat mengkalibrasi TV mereka dari bilah menu atau melalui aplikasi Smart Calibration di smartphone Galaxy atau iPhone. Dengan Smart Calibration, pengguna dapat mengoreksi pola warna ke warna yang sebenarnya menggunakan Basic Mode yang butuh waktu 30 detik atau ke Professional Mode yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Aksesoris
Pada tahun ini, Samsung telah menambahkan sejumlah aksesoris dan wall mount atau TV stand yang memberikan personalisasi dan cara yang baru dalam menggunakan TV.

Misalnya, untuk The Freestyle, tahun ini hadir dengan casing yang memudahkan Anda membawa proyektor ini ke mana saja dengan aman dan nyaman. Tersedia Battery Base yang memungkinkan Anda menikmati The Freestyle saat berada di outdoor.

Samsung juga menghadirkan Slim Fit Wall Mount yang tidak hanya mempersempit celah antara TV dan dinding, tapi wall mount ini juga memungkinkan Anda memiringkan atau memutar TV dengan celah hanya 19,5mm. Lalu ada wall mount My Shelf yang memungkinkan Anda mendekor dinding di sekitar TV untuk menampilkan ruangan yang lebih estetik. Aksesoris lainnya adalah Studio Stand Solution yang sudah diperbaharui untuk tahun 2022 dengan finishing tembaga untuk tampilan yang estetik.

Last but not least, aksesoris baru Auto-Rotation yang akan memungkinkan Anda menikmati pengalaman menonton berbagai konten TV dalam format vertikal, sebagaimana The Sero pada 2021. Dengan aksesoris ini, Anda bisa menikmati konten video vertikal seperti TikTok, Instagram Reels, di layar TV yang bisa berotasi secara otomatis. TV yang kompetibel dengan aksesoris ini adalah The Frame, Neo QLED 4K, dan Neo QLED 8K, semuanya model 2022.

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: