Press "Enter" to skip to content
Pabrik Lanxess

Industri Penerbangan Pulih, Perusahaan Ini Pun Raih Cuan

Pulihnya industri penerbangan membuat perusahaan kimia khusus LANXESS sukses mencatatkan kinerja keuangan yang positif pada awal 2022. Pulihnya industri penerbangan telah meningkatkan permintaan terhadap produk Specialty Additives di perusahaan itu. Penjualan pada segmen ini mencapai EUR 730 juta, naik 41,2 persen dari tahun sebelumnya sebesar EUR 517 juta.

Berbagai situasi terkini memang telah menyebabkan kenaikan yang signifikan pada biaya bahan baku dan energi. Namun LANXESS mengakalinya dengan menaikkan harga jual dan ini berbuah positif di tengah meningkatnya permintaan secara umum, dipicu permintaan yang baik dari industri konstruksi, minyak dan gas, serta berlanjutnya pemulihan industri penerbangan.

Segmen Specialty Additives terdiri dari tiga unit bisnis yaitu Rhein Chemie, Polymer Additives, dan Lubricant Additives. Unit Rhein Chemie memproduksi bahan kimia karet, bahan kimia khusus dan alat bantu pemrosesan untuk industri karet. Solusi LANXESS digunakan untuk memproduksi produk karet berperforma tinggi seperti roda, seal, dan sabuk penggerak.

Sedangkan Lubricant Additives meliputi oli berbahan dasar sintetis, lubricant additives, additive packages, dan formulated lubricants, yang biasanya digunakan di industri otomotif, industri mesin, pemrosesan logam, pembuatan kapal, dan industri penerbangan.

Adapun Polymer Additives berfokus pada aditif tahan api, plasticizer, stabilisator hidrolisis dan berbagai turunan fosfor dan bromin. Flame retardant berbahan dasar bromin sangat efektif dan sering digunakan oleh industri konstruksi dalam bahan insulasi bangunan, serta industri elektronik.

Secara keseluruhan, LANXESS membukukan kinerja positif pada kuartal pertama 2022. EBITDA pre-exceptionals meningkat pesat mencapai EUR 320 juta, 32,2 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar EUR 242 juta. Semua segmen perusahaan berkontribusi terhadap pertumbuhan, dengan segmen Specialty Additives mencatatkan kinerja sangat baik.

Kesuksesan akuisisi, terutama Emerald Kalama Chemical, juga berkontribusi positif pada pendapatan. Margin EBITDA pre-exceptionals mencapai 13,2 persen, dibandingkan 14,3 persen tahun lalu. Penjualan grup mencapai EUR 2,432 miliar pada kuartal pertama, naik 43,7 persen (yoy) sebesar EUR 1,693 miliar. Laba bersih mencapai EUR 98 juta, setelah laba bersih dari operasi yang dilanjutkan pada tahun sebelumnya tercatat EUR 63 juta.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: