Press "Enter" to skip to content
Foto: Dok. Samsung

Mengintip Inovasi Baru Samsung untuk Rumah Kita di Bespoke Home 2022

Samsung Electronics Co., Ltd. kemarin menggelar Bespoke Home 2022, pameran tahunan yang biasanya memamerkan perangkat Samsung Bespoke. Tema tahun ini berkaitan dengan perluasan ruang, pengalaman, dan waktu, untuk memberikan pengalaman kehidupan di rumah yang lebih baik ketimbang peralatan elektronik rumah tangga konvensional.

JaeSeung Lee, President and Head of Digital Appliances Business, Samsung Electronics, dalam keterangannya, mengatakan acara Bespoke Home tahun lalu mendapat respons yang positif.  “Tahun ini, kami menawarkan lebih banyak cara kepada konsumen untuk mengekspresikan diri, merasakan layanan terkoneksi, hidup lebih berkelanjutan di rumah dengan Bespoke,” katanya.

 Tahun ini, Samsung memperbarui peralatan dapur dan elektronik rumah, yang kini hadir dengan warna-warna stylish, fitur-fitur yang diperbarui, dan finish premium. Yang terbaru adalah Bespoke AI washer dan dryer serta Bespoke kitchen package.

Untuk pasar Eropa, kitchen package tersebut mencakup Bespoke oven terbaru bertenaga AI, yang akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. Oven ini memiliki fitur terkoneksi melalui aplikasi SmartThings, membuat memasak jadi lebih simpel dan efisien dengan hasil yang lezat.

Fitur AI Pro Cooking™ dapat mengenali bahan masakan, mengoptimalkan pengaturan yang cocok, dan memantau makanan saat dimasak untuk mencegahnya menjadi terlalu matang atau kurang matang. Fitur Dual Cook Steam™ memungkinkan pengguna menyiapkan baik hidangan kukus yang sehat maupun makanan yang dimasak dalam oven, menggunakan pengaturan yang berbeda, secara bersamaan.

Selain itu, fitur Sense-to-Open memudahkan pengguna membuka pintu oven hanya dengan satu sentuhan, sehingga oven ini bisa didesain dengan elegan dan minimalis dengan pintu datar tanpa pegangan. Kitchen package ini juga mencakup mesin pencuci piring dan kompor induksi, akan tersedia pada paruh kedua tahun 2022.

Ke ruang keluarga, Bespoke AI laundry terbaru akan tersedia di AS serta Eropa pada bulan Juli. Di AS, Bespoke AI washer, dengan Ultra Capacity 5,3 cubic ft sehingga memudahkan pengguna mencuci pakaian berapapun jumlah cucian.

AI OptiWash™ mengoptimalkan setiap pencucian dengan menggunakan jumlah air dan deterjen yang tepat berdasarkan seberapa kotor cucian Anda, sementara Auto Dispense System menawarkan solusi sederhana untuk menyimpan dan mengeluarkan deterjen secara otomatis. Bespoke AI washer untuk AS akan tersedia dalam empat warna dan bahan: Brushed Navy, Brushed Black, Silver Steel, dan Forest Green.

Bespoke AI dryer menawarkan AI Optimal Dry yang canggih yang akan terus memantau kadar air dengan sensor yang ditingkatkan dan secara cerdas mengoptimalkan siklus untuk mengeringkan pakaian secara menyeluruh. Ini juga secara otomatis mengontrol durasi siklus dan suhu untuk melindungi pakaian dari panas berlebih.

Selain itu, Advanced Moisture Sensor mendeteksi perubahan tingkat dampness (tingkat kebasahan) dan kelembapan untuk menyesuaikan suhu dan durasi pengeringan untuk efisiensi maksimal.

Fitur Smart Dial mempersonalisasi kegiatan mencuci dengan mengenali pengaturan pencucian dan pengeringan yang sering digunakan oleh pengguna. Selain itu, dirancang untuk bekerja secara optimal dengan berpasangan, pengguna Bespoke AI washer dan dryer dapat mencuci, mengeringkan, dan memakai kembali pakaian mereka dalam waktu satu jam berkat fitur Super Speed Washer dan Super Speed Dry.

Untuk pasar Eropa, Bespoke AI washer dan dryer yang baru akan hadir dengan teknologi hemat energi dan fungsi-fungsi sadar lingkungan terbaru dari Samsung, termasuk AI Ecobubble™, AI Wash, dan SpaceMax™.

Samsung juga menyoroti bagaimana desain Bespoke telah berkembang melalui beragam kontes desain, kolaborasi dengan seniman, dan panel edisi terbatas. Samsung berkolaborasi dalam desain panel edisi terbatas dengan seniman terkenal termasuk Andy Rementer dan Alex Proba.

Samsung membawa personalisasi ke tingkat berikutnya dengan layanan MyBespoke yang baru-baru ini diumumkan di AS. MyBespoke akan menawarkan kesempatan untuk mendesain dan merancang panel kulkas Bespoke French Door yang unik menggunakan karya seni, cetakan, dan foto karya mereka sendiri. Panel kustom Samsung MyBespoke akan tersedia pada akhir tahun ini di AS.

Samsung meluncurkan SmartThings Home Life pada Juni ini secara global. Sebuah pusat konektivitas yang menggabungkan enam layanan rumah yang penting: Cooking, Energy, Clothing Care, Pet Care, Air Care, dan Home Care. SmartThings Home Life memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan cara peralatan mereka bekerja bersama berdasarkan layanan yang mereka butuhkan.

Pada kesempatan itu, Samsung juga mengungkapkan bahwa jajaran Bespoke terbaru sudah dirancang dengan mempertimbangkan siklus hidup produk yang berkelanjutan dari awal hingga akhir.

Jajaran Samsung Bespoke dibuat untuk menjadi seefisien dan seekologis mungkin. Dimulai dengan produksi, misalnya, Samsung berupaya mencegah kontaminasi tanah dengan meminimalkan limbah yang dihasilkan dari pabrik, termasuk pecahan kaca.

Samsung juga mendaur ulang bahan cair seperti limbah oli dan cat menjadi bahan bakar agar bisa digunakan nantinya. Faktanya, fasilitas manufaktur Samsung untuk Digital Appliances di Korea sudah mencapai tingkat daur ulang limbah industri sebesar 93 persen pada tahun 2019, dan meningkat menjadi 98 persen pada tahun 2021. Samsung akan terus memperbesar tingkat daur ulang ke depannya.

Dalam hal pengiriman produk, Samsung membatasi ketergantungan yang berlebihan pada sumber daya alam dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan (Eco-packaging) yang dapat digunakan kembali oleh konsumen di rumah. Samsung juga menawarkan panduan produk dalam format digital melalui kode QR untuk mengurangi produksi panduan produk berbahan kertas.

Fitur berkelanjutan juga mencakup Digital Inverter Compressor untuk kulkas, sementara mesin cuci Samsung memanfaatkan teknologi seperti AI Ecobubble™. Dengan teknologi inovatif tersebut, Samsung telah mampu memangkas konsumsi energi sebesar 67 persen untuk bottom-mounted refrigerator dari tahun 2000 hingga 2020 dan 53 persen untuk mesin cuci tipe drum dari tahun 2011 hingga 2020.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.