Press "Enter" to skip to content

Trend Label yang Makin Ramah Lingkungan

Label ada di mana-mana dan pada apapun yang kita konsumsi. Tapi pernahkah kamu cari tahu, apakah label yang kamu lihat itu ramah lingkungan atau tidak?

Konsumen sendiri sekarang semakin sadar akan produk dan solusi berkelanjutan. Mereka tidak saja mencari produk yang lebih berkelanjutan namun juga tertarik untuk menemukan kemasan yang lebih berkelanjutan dari merek-merek tersebut. Dalam survei yang dilakukan oleh McKinsey and Company pada 2020, 79% konsumen mengatakan mereka mempertimbangkan keberlanjutan (sustainability) kemasan saat memutuskan untuk melakukan pembelian.

Untuk itulah, baru-baru ini, UPM Raflatac, pemasok bahan label global, meluncurkan sebuah inisiatif Bernama “Switch & Loop” di Asia Tenggara. Perusahaan ini mengundang mitranya bergabung dan mendorong penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan untuk mendukung sustainability.

Mereka bisa jadi agen perubahan dengan meningkatkan keberlanjutan dari kemasan, memberikan informasi mengenai keberlanjutan sebuah produk, dan mempromosikan ekonomi sirkular dengan memungkinkan daur ulang dan penggunaan kembali sebuah kemasan.

UPM Raflatac sendiri merancang label dari bahan bukan fosil dan mendorong industri kemasan dan pemilik merek untuk beralih ke produk alternatif yang lebih berkelanjutan, yang penggunaannya lebih sedikit, bisa didaur ulang dan terbarukan.

Linerless, PCR range, Forest FilmTM dan RAFNXT+ adalah contoh dari produk-produk yang membantu pemilik merek mengurangi dampak lingkungan dari kemasan mereka. Selain itu, layanan analisa siklus hidup UPM Raflatac Label Life bisa memvisualisasikan dampak lingkungan tersebut dengan mengaplikasikan data keberlanjutan berbasis sains.

Pelanggan dan pemilik merek juga bisa mulai berubah dengan memilih bahan label yang mendukung daur ulang kemasan dan memastikan sirkularitas dan penggunaan kembali kemasan. Contohnya adalah pemanfaatan label yang bisa dicuci yang meningkatkan efisiensi daur ulang botol PET.

Baru-baru ini, UPM Raflatac meluncurkan RAFNXT+ dengan sertifikat CarbonNeutral® dan bahan label Linerless dengan sertifikat CarbonNeutral®. Sebagai yang pertama dalam industri pelabelan, UPM Raflatac membantu para pelanggannya untuk mengambil pilihan cerdas guna mengimbangi dan mengompensasi angka emisi gas rumah kaca yang setara.

Contoh lain adalah Ocean Action Label yang akan datang. Bahan label yang akan segera diluncurkan ini semuanya dibuat dari sampah plastik yang ditemukan di laut, sehingga tidak hanya membantu mencegah sampah plastik berakhir di laut, tapi juga menawarkan peluang kepada para pemilik merek untuk memenuhi target bahan daur ulang bagi kemasan mereka.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: