Press "Enter" to skip to content
CEO Intel Pat Gelsinger saat memperkenalkan Intel Core generasi ke-13 di ajang Intel Innovation (27/9)

Intel Luncurkan Prosesor Intel Core Generasi ke-13

Intel gercep. Rasanya belum lama Intel meluncurkan prosesor Intel Core generasi ke-12, pada Rabu (28/9) kemarin, Intel sudah memperkenalkan prosesor Intel Core generasi ke-13. Bertepatan di acara Intel Innovation, yang berlangsung di San Jose, AS, Intel memperkenalkan keluarga Intel® Core™ generasi ke-13 dengan jagoan utamanya, Intel® Core™ i9-13900K. Inilah prosesor desktop yang kini diklaim sebagai yang tercepat di dunia.

Keluarga Intel Core generasi ke-13 ini mencakup enam unlocked prosesor desktop yang memiliki hingga 24 core dan 32 thread serta clock speed hingga 5,8 GHz. Dengan spek begini, kamu bakal menikmati pengalaman gaming, streaming, dan perekaman terbaik yang keren.

Setelah peluncurkan Intel Core ‘K’, keluarga desktop Intel Core generasi ke-13 akan terdiri dari 22 prosesor dan lebih dari 125 system design dari para mitra. Para enthusiast dapat memanfaatkan peningkatan kinerja prosesor Intel Core generasi ke-13 ini dengan chipset motherboard Intel® 600 yang eksisting atau seri baru Intel® 700.

Dikombinasikan dengan dukungan terhadap memori DDR5 terbaru dan masih tetap kompetibel dengan memori DDR4, para pengguna dapat menikmati manfaat Intel Core generasi ke-13 sambil menyesuaikan pengaturan mereka berdasarkan fitur dan preferensi anggaran masing-masing.

“Keluarga Intel Core generasi ke-13 merupakan contoh terbaru mengenai bagaimana Intel bisa memberikan pengalaman luar biasa saat menggunakan PC. Gabungkan dengan ekosistem mitra terkemuka di industri dan solusi baru seperti Intel Unison, maka kami akan menunjukkan kepada dunia apa saja yang mungkin bisa dilakukan ketika pengalaman menggunakan PC terus mengalami kemajuan,” kata Michelle Johnston Holthaus, executive vice president and general manager Client Computing Group di Intel.

Dibangun di atas teknologi proses Intel 7 serta kinerja arsitektur hybrid x86, prosesor desktop Intel Core generasi ke-13 menghasilkan kinerja sistem yang lebih baik, bahkan kalau di-push mengerjakan beban kerja multitasking yang paling demanding sekalipun. Ini mencakup peningkatan kinerja single-threaded hingga 15 persen lebih baik dan kinerja multi-threaded yang hingga 41 persen lebih baik.

Beberapa peningkatan dalam keluarga prosesor ini:

  • Intel® Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost yang meningkatkan frekuensi clock di prosesor berdasarkan power dan thermal headroom saat diberikan workload. Tersedia di SKU Intel Core i9 yang sudah unlocked.
  • Lebih banyak E-cores di Intel Core i5, i7, i9 untuk mendorong lompatan besar dalam kinerja multi-threaded dan pengalaman multitasking/mega-tasking yang lebih baik bagi pengguna.
  • Mendukung PCIe Gen 5.0, dengan hingga 16 lane di prosesor.
  • Peningkatan dukungan memori DDR5-5600 dan DDR5-5200, tapi tetap kompetibel dengan DDR4.
  • Cache L2 hingga 2x dan peningkatan cache.

Bersama dengan prosesor desktop Intel Core generasi ke-13, Intel juga meluncurkan chipset Intel 700 Series terbaru yang hadir dengan fitur-fitur canggih untuk peningkatan reliability dan kinerja. Delapan lane PCIe Gen 4.0 tambahan dikombinasikan dengan PCI Gen 3.0 menghadirkan total 28 lane di chipset itu, peningkatan port USB 3.2 Gen 2×2 (20 Gbps) memberikan peningkatan kecepatan konektivitas USB, dan DMI Gen 4.0 meningkatkan throughput chipset-to-CPU untuk akses cepat ke perangkat dan jaringan periferal. Selain itu, Intel menghadirkan forward dan backward compatibility. Manfaatkan peningkatan kinerja prosesor 13th Gen Intel Core dengan motherboard berbasis chipset Intel 600 yang eksisting.

Prosesor desktop Intel Core ‘K’ generasi ke-13 dan chipset Intel Z790 akan tersedia mulai 20 Oktober 2022, termasuk boxed processor, motherboard, dan penjualan perangkat desktop.

Setelah akuisisi Screenovate yang diungkapkan di CES 2022, Intel memperkenalkan Intel® Unison™, solusi software yang menghubungkan PC dan perangkat Anda secara seamless untuk menghadirkan pengalaman yang universal dan mudah di seluruh sistem operasi.

Perilisan awal Intel Unison akan menghadirkan pengalaman konektivitas yang berkelanjutan dan seamless antara PC dan ponsel, dimulai dengan sistem operasi iOS dan Android. Selain proses pairing yang sederhana, para pengguna juga dapat melakukan:

  • Transfer file – Menghemat waktu saat mentransfer file dan foto antara PC dan perangkat Android atau iOS, serta memperpanjang daya PC dan menikmati kontinuitas pengambilan foto atau video di ponsel dan mengedit dengan seamless di PC.
  • Pesan teks – Mengirim dan menerima pesan teks dari PC untuk menghindari perpindahan perangkat serta menikmati kenyamanan dan kemudahan menggunakan keyboard dan monitor ukuran penuh.
  • Panggilan telepon – Dengan terbukanya akses ke daftar kontak telepon secara lengkap, para pengguna dapat membuat dan menerima panggilan suara langsung dari PC mereka.
  • Notifikasi di ponsel – Menerima dan mengelola notifikasi di ponsel dari PC sehingga pengguna dapat tetap terhubung dan mempertahankan kontrol.

Intel Unison akan diluncurkan di laptop Intel® Evo™ tertentu buatan Acer, HP, dan Lenovo, yang menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-12, pada tahun ini, serta akan ditingkatkan ke desain berbasis Intel Core generasi ke-13, mulai awal tahun depan. Intel Unison akan terus berkembang dengan lebih banyak form factor, fungsionalitas, dan sistem operasi di masa mendatang.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: