Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi digital banking (Dok. Gerd Altmann/Pixabay)

Tips Mempercepat Ponsel Android yang Lemot

Ponsel Androidmu terasa melambat? Pasti mengganggu, apalagi di zaman serba cepat ini.

Cara paling gampang memang melakukan restart atau bahkan melakukan reset terhadap ponselmu. Tapi itu pilihan terakhir.

Dilansir dari Eset Indonesia, berikut adalah tips untuk memulihkan kembali kecepatan ponselmu dalam memroses setiap perintah yang kamu terapkan padanya:

Cek Aplikasi
Coba buka ponselmu dan lihat berbagai aplikasi yang terinstal di sana. Apakah kamu membutuhkan semua? Apakah ada aplikasi yang jarang sekali kamu gunakan? Idenya simpel, semakin banyak aplikasi dan data yang tersimpan, ponsel semakin lambat.

Kalau memang ada aplikasi yang nggak kamu butuhkan, ya uninstall saja. Caranya, tekan dan tahan ikon aplikasi lalu ketuk Uninstall.

Kamu juga bisa membersihkan RAM. Masuk ke Settings, pilih Battery and device care, lalu pilih Memory dan Clean now.

Kamu juga dapat mengatur daftar Deep sleeping apps di bawah opsi Battery and device care yang sama. Untuk sampai ke sana, ketuk Battery dan Background usage limits. Dengan cara ini, kamu bisa mencegah aplikasi yang “tidur nyenyak” bekerja di background.

Jika ada aplikasi yang tidak terlalu sering dipakai tapi sayang dibuang, nonaktifkan saja. Dengan begitu, aplkasi itu tidak akan berjalan di background atau menerima update.

Kamu juga bisa menghapus aplikasi yang termasuk ke dalam “stock apps”, yaitu aplikasi yang pre-installed oleh perusahaan pembuat ponsel kamu. Kamu bisa menghapusnya kalau memang tak diperlukan. Sayangnya, beberapa di antaranya tidak dapat dihapus atau dinonaktifkan.

Periksa Update Aplikasi
Aplikasi perlu di-update untuk menerima fitur baru, meningkatkan kinerjanya, atau memperbaiki bug yang baru ditemukan. Untuk melakukan ini, buka Google Play, ketuk gambar kamu di sudut kanan atas, pilih Manage Apps and Device dan pilih Update All.

Periksa Pembaruan Sistem
Sama seperti aplikasi, OS Android memerlukan pembaruan rutin untuk menjaga ponsel kamu tetap lancar dan dengan semua tweak dan patch keamanan terbaru.

Di menu Settings, buka Software Update dan Download and Install. Kamu juga dapat memilih untuk melakukan ini secara otomatis saat ponsel terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Bersihkan Cache dan Data Penjelajahan
Semua riwayat penjelajahan, kata sandi yang disimpan, cookie, dan data online kamu akan tersimpan. Bersihkan itu semua untuk mengosongkan memori dan meningkatkan kinerja sistem.

Jika kamu menggunakan Chrome, Edge, atau browser lain, buka Settings, pilih aplikasi browser, dan ketuk Storage. Di bagian bawah, selesaikan dengan mengetuk Clear cache.

Di menu yang sama, kamu juga dapat memilih “Kelola penyimpanan” untuk menghapus data penelusuran lainnya.

Reboot atau Reset Ponsel Kamu
Kadang-kadang melakukan reboot cukup membantu meningkatkan kinerja ponsel. Matikan ponselmu lalu nyalakan lagi.

Tapi jika ini tidak ada efeknya, maka factory reset mungkin membantu. Sayangnya, cara ini akan menghapus semua aplikasi dan data. Jadi, sebelum bertindak ada baiknya kamu mencadangkan dulu semua data yang penting. Setelah itu, buka Settings, pilih General Management dan ketuk Factory Reset.

Semoga membantu ya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: