Press "Enter" to skip to content
Dari kiri ke kanan: Adi Vora, Chief Technology Officer Ayoconnect - Jakob Rost, Chief Executive Officer Ayoconnect - Chiragh Kirpalani, Chief Operating Officer Ayoconnect - Alex Jatra, Chief Financial Officer Ayoconnect

Ayoconnect Sediakan API Stack untuk Pengembangan Open Banking dan Pembayaran

Ayoconnect, platform Open Finance API terbesar di Asia Tenggara, baru-baru ini meluncurkan Ayoconnect Solution Stack yang dirancang bagi pebisnis yang ingin mempercepat pengembangan infrastruktur digital dan menyediakan layanan keuangan yang inovatif bagi pelanggannya.

Ayoconnect Solution Stack terdiri dari dua kategori API (Application Programming Interface), yaitu Open Banking API dan Payment Services API. Open Banking API menawarkan Banking-as-a-Service seperti pembukaan rekening baru dan penerbitan kartu virtual dengan kemampuan transaksi lintas negara.

Adapun Payment Services API menawarkan ragam solusi pembayaran seperti manajemen berlangganan, produk digital (PPOB), debit langsung berulang, embedded lifestyle, dan fast disbursement yang dimungkinkan oleh infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional milik Bank Indonesia, BI-Fast.

Kerja sama strategis antara Ayoconnect dan Mastercard pada Januari 2023 adalah salah satu contoh dari pengembangan Open Banking API. Mastercard dalam hal ini berkolaborasi melalui konektivitas Ayoconnect ke Open Banking API dari bank-bank terbesar di Indonesia yang memberikan kemampuan biller untuk menghilangkan berbagai kendala pembayaran yang mungkin kembali terjadi, mengurangi kegagalan selama checkout, serta memastikan penagihan tepat waktu dengan menawarkan metode pembayaran yang lebih baik kepada konsumen mereka.

API Payment Services Ayoconnet juga berkontribusi dalam peluncuran Fitur Sukha di aplikasi Livin’ by Mandiri superapp pada pertengahan 2022. Melalui 1.000+ penyedia layanan dan lebih dari 200+ platform konsumen di jaringan API Payment Services, Ayoconnect membantu penyediaan fitur pembelian tiket kereta api KAI dan pembelian berbagai voucher games di Fitur Sukha.

Jakob Rost, CEO dan Founder Ayoconnect, dalam keterangannya mengatakan, “Pada tahun 2023, saya yakin kita akan melihat terobosan pada adopsi pelanggan untuk solusi direct debit, data API, penyedia layanan pembayaran, dan transfer antar rekening. Regulasi yang mendukung dari regulator dan pemerintah terkait juga sangat kita apresiasi karena ini berperan besar dalam percepatan inovasi di ekosistem open finance.”

Sebagai wujud komitmen untuk mendorong akselerasi inovasi pada ekosistem open finance, Ayoconnect baru-baru ini juga memperkenalkan solusi kartu virtual yang memungkinkan bisnis dari berbagai sektor dan skala memiliki kartu virtual mereka sendiri. Kartu virtual ini dapat digunakan oleh pengguna akhir, karyawan internal, dan/atau basis pelanggan mereka. Pemegang kartu virtual dapat menyelesaikan pembelian dan transaksi online secara real time di mana saja, termasuk di luar negeri. Informasi mengenai implementasi kartu virtual oleh klien akan dipublikasikan dalam waktu dekat.

“Solusi pembayaran alternatif Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Sebagai contoh, belakangan ini Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami peningkatan popularitas, mengingat 80-90% dari 64,2 juta UMKM Indonesia kehilangan pendapatan selama pandemi dan masih membutuhkan bentuk pembiayaan alternatif. Ayoconnect berkomitmen untuk membangun infrastruktur digital yang dibutuhkan oleh seluruh ekosistem agar mampu memberikan layanan keuangan yang komprehensif kepada masyarakat sesuai regulasi yang berlaku,” ucap Jakob.

Ayoconnect akan terus berkolaborasi dengan institusi finansial dan non-finansial untuk menambah kemampuan Ayoconnect Solution Stack di Open Banking API dan Payment Services API. Kerja sama ini akan menciptakan lebih banyak peluang bagi fintech, bank, dan sektor lain untuk menciptakan aliran modal baru dan inovasi lainnya hingga mencapai inklusi keuangan di seluruh ekosistem.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.