Press "Enter" to skip to content
dok. pixabay

Ketahuan Sudah, Begini Cara Bakteri Salmonella Menghindari Deteksi

Kamu tahu Salmonella, bukan? Ini adalah keluarga bakteri yang sudah banyak bikin orang sakit. Tak kurang sejuta orang di Amerika Serikat jatuh sakit setiap tahun gara-gara bakteri ini.

Tapi di balik kelakuannya yang merugikan kita, masih banyak misteri yang belum terungkap dari bakteri Salmonella. Kini, seperti dilansir dari Live Science, ilmuwan telah menemukan sebagian alasan mengapa bakteri ini tangguh banget dalam usaha membuat kita sakit.

Rupanya, bakteri ini bisa menyembunyikan buntut mereka supaya tidak dideteksi oleh sistem kekebalan tubuh kita. Pengetahuan ini sangat bermanfaat lho. Sebab dengan begitu, kita akan bisa mempelajari cara paling efektif untuk menarget dan memerangi bakteri ini.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 23 Oktober lalu di jurnal Cell Reports, peneliti menemukan perilaku unik bakteri Salmonella typhimurium (STM), subspesies Salmonella yang bisa bikin sakit manusia dan mamalia. Caranya, mereka mendiamkan flagella-nya, semacam ekor, yang membuat mereka bisa bergerak di badan kita.

“Kalau Anda itu bakteri dengan banyak flagella, itu tak ubahnya memakai lampu neon di leher, membuat sistem kekebalan tubuh bangun dan melawan,” kata pemimpin studi itu, Brian Coombes, seorang profesor di Department of Biochemistry and Biomedical Sciences di McMaster University di Hamilton, Ontario. Nah, dengan mematikan ‘lampu neon’ membuat sistem kekebalan tubuh kita sulit mendeteksinya.

Begitu bakteri STM menyerang sel, mereka menggunakan semacam tombol genetik untuk menghentikan aktivitas flagella. Buntut ini akan aktif kembali setelah mereka selesai menginfeksi satu sel dan hendak berpindah ke sel lain. Tak diketahui apakah subspesies Salmonella lain juga punya perilaku ini, macam Salmonella bongori, bakteri ber-flagella yang menginfeksi reptil dan hewan berdarah dingin lain.

Salmonella, yang menyebar melalui makanan, menyebabkan sekitar 1,2 juta orang sakit, 23.000 orang masuk rumah sakit, dan 450 orang tewas di Amerika Serikat setiap tahun, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Kebanyakan, penanganannya memakai antibiotik. Tapi beberapa bakteri rupanya sudah makin kebal terhadap antibiotik. Temuan baru ini akan membantu kita menemukan obat paling mujarab melawan bakteri Salmonella.

Bagaimana cara menghindari bakteri ini? Salah satunya adalah, cucilah tanganmu secara teratur. Kemudian, masaklah makanan sampai matang benar, terutama daging-dagingan. Jangan menempatkan makanan yang sudah masak dengan makanan mentah secara berdampingan.

Juga, jangan lupa selalu mencuci buah atau sayuran sebelum dimasak dan dimakan. Sama halnya dengan peralatan makan, cucilah dengan bersih terlebih dahulu sebelum digunakan. Hati-hati meminum air dari keran, sungai, atau danau, yang kebersihannya tidak terjamin.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: