Press "Enter" to skip to content
doc. commons.wikimedia.org/Pierre de Chabannes

Kucing Ini Menggemaskan, Tapi Hati-Hati Dia Sangat Mematikan

Bukan singa atau harimau yang menjadi kucing paling mematikan yang ada di alam liar. Melainkan sejenis kucing liar di Afrika, kucing kecil dengan kaki hitam (black-footed cat). Hewan yang masih banyak dipelajari ini memiliki nama latin Felis nigripes.

Kucing ini aslinya berasal dari kawasan padang rumput di selatan Afrika. Kucing berbulu kaki hitam ini memiliki wajah yang bundar, tubuh yang kecil dengan warna bulu bertotol hitam. Kalau kamu perhatikan sekilas saja, ia seperti kucing rumah.

Menurut International Society for Endangered Cats, panjang kucing ini antara 36-52 cm saja. Tingginya sekitar 20 cm dan bobotnya antara 1-3 kg. Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), kucing ini berada di ambang punah.

Jangan remehkan ukuran tubuhnya. Dibandingkan kucing besar mana pun, kucing ini paling mematikan. Dia mampu berburu dan menangkap lebih banyak mangsa dalam satu malam dari pada yang bisa ditangkap seekor leopard dalam enam bulan.

Karena ukurannya yang kecil, kucing ini sulit dilacak di padang rerumputan. Mereka adalah pemburu yang aktif. Karena mereka memiliki metabolisme yang dipercepat sehingga harus dipicu sepanjang waktu. “Jadi mereka akan terus menerus berburu,” tutur Luke Hunter, Chief Conservation Officer di Panthera, kelompok konservasi hewan liar global, seperti dilansir Live Science.

Kucing kaki hitam menggunakan teknik berburu yang berbeda dengan kucing lain. Salah satunya adalah metode “Berburu cepat”. Mereka dengan cepat dan hampir-hampir acak saja, menyerbu mangsa-mangsa kecil dari balik rumput. Kadang-kadang juga mereka menyergap mangsa dengan diam-diam dan hati-hati. Mereka sanggup menunggu sampai dua jam, dalam posisi benar-benar diam menunggu mangsanya lewat.

Kucing kaki hitam bisa membunuh antara 10-14 binatang pengerat atau burung kecil setiap malam. Jadi, rata-rata setiap 50 menit dia membunuh. Dengan tingkat keberhasilan 60 persen, kucing ini tiga kali lebih hebat ketimbang singa, yang rata-rata tingkat keberhasilannya hanya 20-25 persen.

Tingkat keberhasilan inilah yang membuat kucing kaki hitam ini termasuk binatang mematikan di muka Bumi.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: