Press "Enter" to skip to content
Dok. AMC.com

Tentang Zombie, Virus, dan Hewan yang Kebal

Kalau kamu suka menonton serial zombie The Walking Dead, yang sudah memasuki season ke-9, perhatikan deh, hewan tak pernah berubah menjadi zombie. Di serial itu, hanyalah manusia yang berubah menjadi zombie. Bahkan, saat mereka mati, meski sama sekali tidak digigit oleh zombie, mereka akan berubah jadi zombie.

Lantas, mengapa hewan tak bisa berubah menjadi zombie? Setidaknya di The Walking Dead.

Sampai sekarang tak jelas patogen macam apa yang menyebabkan terjadinya zombie seperti dalam film-film. Bisa jadi bakteri, virus, jamur, protozoa, atau sesuatu yang berasal dari luar angkasa. Tapi di The Walking Dead, penyebabnya adalah virus.

Tapi kalau virus itu bisa menyebar, mengapa tidak menyebabkan spesies lain berubah jadi zombie kecuali manusia? Bisakah virus sangat spesifik memakan korban begitu? Jawaban Tara Smith, seorang ahli mikrobiologi dari Universitas Kent di Ohio, mengatakan memang ada virus yang sangat spesifik menyerang spesies tertentu.

Contohnya adalah campak dan cacar yang nyata-nyatanya hanya menyerang manusia.

Namun, tentu ada juga virus yang lintas-spesies, meski bukan penularan. Contohnya adalah Ebola.

Ebola menyerang kawasan Afrika Barat pada 2014. Ebola disebut menulari manusia yang kontak dengan kelelawar atau kemungkinan memakan hewan itu. Tapi kelelawar tidak mengidap virus itu, hanya menjadi tempat ‘bersarang’ si virus. Saat terpapar manusia, barulah kemudian virus itu bikin sakit manusia yang terkena.

Begitu juga hantavirus di Amerika Serikat. Hantavirus yang dibawa binatang pengerat ini berpindah ke manusia saat kotoran hewan itu menguap dan kemudian terhirup oleh manusia lalu mereka pun terinfeksi.

“Kemungkinan cara virus zombie di “The Walking Dead” menular, juga begitu,” tutur Smith, seperti dilansir Live Science.

Di sisi lain, ada juga virus yang melanda sekelompok hewan. Seperti flu burung yang menyebar pada 2009. Virus ini dimulai dari babi dan menjadi pandemik pada 2009. Sampai kini virus ini masih kadang muncul.

Jadi, kembali ke film “The Walking Dead”, jelas bahwa virus itu hanya melanda manusia. Sebab, memang ada virus itu secara tipikal memiliki apa yang disebut dengan tropisme. Yaitu, mereka hanya bisa bertaut dengan tipe sel tertentu. Tapi kadang-kadang juga protein virus bisa mengikat sel di seluruh hewan atau semua mamalia, atau bisa juga sangat spesifik.

Jadi, kalau seandainya ada penyebaran virus zombie, cara pencegahannya sama dengan cara mencegah patogen yang terjadi pada dunia nyata. Cuci tanganmu sebersih-bersihnya dan jaga kebersihannya senantiasa, masaklah makanan dengan baik dan hindari terluka atau tergores saat memotong hewan. Intinya, hindarilah kontak dengan darah.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: