Press "Enter" to skip to content
Dok. commons.wikimedia.org

Kungkang, Mamalia Lamban yang Lebih Suka di Pohon

Tahukah kamu mamalia terlambat di dunia? Yuk berkenalan dengan Sloth atau Kungkang, mamalia terlambat di dunia yang hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Seberapa lambat pergerakannya? Kita bahas pelan-pelan ya.

Kungkang bergerak di pepohonan yang tinggi supaya tidak bisa dijangkau predator. Dia punya kuku yang panjang, 8-10 cm supaya mudah berpindah dari dahan ke dahan. Tapi itu membuatnya sulit bergerak di darat, sehingga mereka lebih banyak berada di pepohonan (arboreal).

Kungkang termasuk dalam famili Megalonychidae (kungkang dua jari) dan Bradypodidae (kungkang tiga jari) yang digolongkan menjadi enam spesies. Hewan ini merupakan bagian dari ordo Pilosa sehingga ada hubungannya dengan pemakan semut yang mempunyai kemiripan cakar.
Kungkang dua jari punya ukuran tubuh lebih besar ketimbang yang tiga jari. Kungkang tiga jari memiliki bobot sekitar 8 kg dengan tinggi 58-68 cm.

Tapi ribuan tahun lalu, Kungkang termasuk binatang besar lho. Kungkang purba bahkan bisa tumbuh sampai sebesar gajah. Mereka menjelajahi kawasan Amerika Utara dan punah pada 10.000 tahun lalu.

Tahukah kamu bahwa Kungkang termasuk hewan yang berumur panjang. Memang tak sepanjang kura-kura. Kungkang bisa hidup sampai 20-30 tahun di alam liar. Tapi di kurungan, umurnya bisa lebih panjang lagi. Sebagai contoh, seekor kungkang di Kebun Binatang Adelaide di Australia, mati dalam usia 43 tahun pada 2017 lalu.

Nah, kembali ke urusan gerakan. Memang Kungkang termasuk hewan yang bergerak sangat lambat. Dia butuh waktu satu menit untuk memanjat setinggi 1,8 sampai 2,4 meter saja.

Tapi untuk urusan berenang, kungkang termasuk cepat. Hewan ini secara alami bisa mengapung dan bisa berenang gaya dada dengan mudah. Sebabnya, kungkang biasa hidup di hutan hujan yang kerap mengalami banjir musiman. Jadi, kemampuan berenang termasuk dalam kemampuannya bertahan hidup di alam liar.

Kungkang kuku dua termasuk omnivora alias pemakan segalanya. Makanannya adalah buah-buahan, daun-daunan, serangga, dan kadal kecil. Tapi kungkang kuku tiga adalah herbivora.

Hal lucu dari binatang ini adalah, mereka punya tulang punggung ekstra di leher yang membuatnya bisa memutar kepalanya sampai 270 derajat. Selain itu, karena lambatnya, sampai-sampai ada lumut yang bisa tumbuh di bulunya, yaitu Trichophilus. Tapi ditumbuhi lumut begitu memberikan keuntungan juga bagi kungkang, sebab mereka bisa berkamuflase di pepohonan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: