Press "Enter" to skip to content
dok. Livescience.com

Belut Nyangkut di Hidung, Kasus Langka Anjing Laut

Hawaiian Monk Seal Research Program baru-baru ini merilis selembar foto mengenai seekor anjing laut dari jenis Hawaiian monk seal. Di hidungnya seekor belut tersangkut. Ini kasus yang langka, tapi bisa jadi bukan sesuatu yang tidak sengaja terjadi.

Seperti dilansir Livescience, menurut tim dari program itu, fenomena langka ini ditemukan dalam tiga atau empat kasus selama empat dekade terakhir. Charles Littnan, seorang ahli konservasi monk seal di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Fisheries mengatakan insiden seperti meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Anehnya, belut itu selalu tersangkut di lubang hidung sebelah kanan. “Saya tidak tahu apakah fakta ini ada artinya,” kata Littnan kepada Live Science. Situasi ini bisa saja merupakan anomali yang aneh. “Kami tidak tahu mengapa itu terjadi.”

Lantas bagaimana caranya belut itu bisa terperangkap di lubang hidung? Littnan punya pandangan. Sebab anjing laut monk seals termasuk satwa yang mencari makan di dekat dasar laut dan selalu ingin mencari makan dengan efisien, tak mau buang-buang waktu dan tenaga.

Oleh sebab itu, sebagaimana belut, anjing laut itu bersembunyi supaya tak diketahui mangsanya, seperti gurita. Tapi saat bersembunyi, belut diduga masuk ke lubang hidungnya, yang dikira tempat untuk sembunyi atau mempertahankan diri.

Atau bisa juga, si anjing laut sebetulnya hendak membawa belut itu ke permukaan. Tapi si belut lepas dan masuk ke lubang hidung. Sebab yang terdata dalam kasus itu adalah singa laut remaja, ada kemungkinan karena dia kurang berpengalaman berburu.

Atau, seperti di video YouTube di mana orang bersin dan mengunyah helai panjang pasta melalui hidung mereka, anjing laut itu bisa saja hendak mengeluarkan belut yang dimakannya, tapi si belut malah keluar dari pipa yang salah.

Si anjing laut sebetulnya bisa mengeluarkan belut dengan menggeleng-gelengkan kepala, tapi mungkin si belut sudah masuk lebih dalam. Dalam kasus ini, peneliti berhasil melepaskan si belut. Si anjing laut baik-baik saja. Tapi si belut mati.

Anjing laut Hawaiian monk seals termasuk satwa yang terancam punah. Populasinya tinggal 1.400 ekor di Hawaii. Untungnya tahun-tahun ini populasinya laun bertambah.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: