Press "Enter" to skip to content

Mengenal Wallace, Ilmuwan yang Temukan Keunikan Fauna Papua

Alfred Russel Wallace, ilmuwan biologi Inggris pernah melakukan penelitian di Manokwari, Papua Barat. Ia datang dan membuat basecamp di Pulau Mansinam, Teluk Doreri, Manokwari pada 10 April 1858. Wallace adalah sahabat baik Charles Darwin penemu teori evolusi.

Bersama Darwin, Wallace beberapa kali melakukan penelitian bersama terkat evolusi manusia. Dia juga yang menyodorkan teori evolusi melalui seleksi alam.

Wallace menulis buku yang terkenal The Malay Archipelago (1890), berisi hasil penelitiannya di beberapa wilayah Indonesia sejak 1854.

Wallace adalah ilmuwan pertama yang mendeteksi keunikan fauna Papua, Wallace menyadari bahwa ada perbedaan yang sangat mencolok antara fauna di Indonesia bagian barat dengan fauna Indonesia bagian timur.

Perbedaan yang paling krusial antar wilayah tersebut dimulai dari sebelah timur Bali dan Sulawesi, yang kemudian dianggap sebagai wilayah pembatas dan dikenal sebagai Garis Wallace.

Menurut Wallace, fauna Indonesia bagian barat mirip dengan fauna Asia daratan, sedangkan di wilayah timur Indonesia faunanya mirip dengan Australia. Perbedaan yang paling penting antar fauna di kedua wilayah tersebut berkaitan dengan organ reproduksi mamalianya.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: