Press "Enter" to skip to content
Image by skeeze from Pixabay

Ini 6 Fakta yang Aneh, Tapi Betulan Terjadi

Di sekitar kita ada banyak fakta yang terjadi. Tapi kadang, ada saja fakta-fakta yang terasa aneh, mengganggu, bikin gelisah, tapi itu semua benar-benar terjadi. Apa saja?

Untuk kita ketahui sama-sama, berikut ini ada enam fakta menarik yang aneh, tapi betulan, seperti dikutip dari Science Alert dan disarikan dari berbagai sumber:

1. Point Nemo, titik terjauh di Bumi
Nama ini mengingatkan kamu pada film animasi Finding Nemo, bukan? Tapi point nemo bukan tentang ikan yang hilang. Point Nemo adalah titik terjauh dari mana-mana di muka Bumi ini. Susah banget menuju ke sana. Lokasi Point Nemo ada di perairan Samudera Pasifik bagian selatan. Sebutannya: the oceanic pole of inaccessibility. Jarak terdekat ke permukiman manusia adalah 2.688 km. Tapi tetap ada kehidupan organisme di sana lho.

2. Pada balita, gigi dewasa mereka berada tepat di bawah mata mereka
Tahukah kamu, perkembangan gigi sebetulnya sudah terjadi sejak kita masih berada dalam rahim. Jadi, gigi susu maupun gigi dewasa sebetulnya sudah ada saat kita lahir tapi tersembunyi. Gigi susu ini mulai terbentuk antara minggu keenam dan kedelapan, sedangkan gigi permanen mulai terbentuk pada minggu kedua puluh. Sampai gigi keluar, calon gigi ini dijejalkan dengan kuat ke rahang, tepat di bawah mata.

3. Ada lebih dari 200 mayat di Gunung Everest dan jadi petunjuk para pendaki
Ini memang mengerikan, tapi faktanya mayat-mayat pendaki yang dibiarkan di Gunung Everest ternyata berguna bagi para pendaki. Lebih dari 200 orang telah tewas dalam upaya mereka untuk mendaki Gunung Everest dan sebagian dibiarkan di lokasi mereka mati. Pada akhirnya, para pendaki lain yang melewati mayat beku itu kemudian memberikan julukan dan berfungsi sebagai penanda jejak.

4. Pengadilan hewan
Babi dipakaikan baju seperti manusia, dibawa ke pengadilan, lalu dijatuhi hukuman mati. Itu terjadi dulu sekali di salah satu sudut negeri Prancis. Tapi dulu, pengadilan manusia terhadap hewan pernah terjadi. Korbannya dari babi, serangga, sampai monyet. Seperti ditulis oleh Edward Payson Evans dalam bukunya “The Criminal Prosecution and Capital Punishment of Animals”, dulu pernah ada babi yang dituduh memakan manusia. Babi itu kemudian diseret ke pengadilan, lalu dihukum mati.

5. Ritual mati paus dan lumba-lumba
Paus dan lumba-lumba adalah mamalia laut yang punya ritual aneh menjelang kematiannya. Jadi, di saat mereka sudah terlalu tua dan lemah, mereka akan berenang ke permukaan untuk menarik nafas terakhirnya, lalu berenang ke laut dalam yang gelap dan dingin, kemudian mati kehabisan nafas di sana. Kamu tahu, paus dan lumba-lumba kan bernafas dengan paru-paru, jadi mereka sesekali harus ke permukaan untuk mengambil oksigen. Tapi ini adalah siklus kehidupan alami. Di laut dalam, mayat paus dan lumba-lumba akan bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya di sana.

6. Kalau kamu menjadi manusia tertua, jelas populasi manusia lainnya sudah berganti sepanjang hidupmu, kecuali kamu.
Mengapa ini menjadi fakta yang mengganggu? Sebab ternyata ada kasus menarik yang menimpa Jeanne Calment, yang meninggal pada 1997 dalam usia 122 tahun. Guinness World Records memberinya gelar manusia tertua di Bumi. Tapi ada ahli matematika Rusia yang meragukan usianya dan menerbitkan analisisnya di sebuah portal. Menurutnya, Calment berbohong dan dia sebetulnya bukan Jeanne Calment tapi anaknya. Usianya seharusnya 99 tahun. Tapi menurut sebuah majalah, Calment pernah diwawancara dan dia punya jawaban yang pasti hanya dia yang tahu, sebab dia manusia yang hidup paling lama di dunia, bukan?

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: