Press "Enter" to skip to content

Kapotar, Pantai Indah dengan Ritual Unik

Pulau Kapotar adalah sebuah pulau kecil di lepas pantai Kabupaten Nabire. Pulau ini memiliki keindahan pantai pasir putih dan perairan yang tenang.

Tapi ada kepercayaan unik di pulau ini. Masyarakat yang bermukim di sekitar Pulau Kapotar memiliki kepercayaan, yaitu sebuah aturan yang berlaku bagi siapa saja yang baru pertama kali datang ke pulau ini, terutama pengunjung yang bermaksud tinggal beberapa hari.

Menurut masyarakat setempat, pengunjung yang baru pertama kalu datang ke Pulau Kapotar wajib membasuh kaki, tangan dan muka dengan air laut di pantai Pulau Kapotar.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka dipercaya nenek moyang akan marah, akibatnya pada petang hingga malam hari akan ada hujan badai dan petir yang tidak akan berhenti.

Hujan petir ini berhenti jika orang yang melanggar aturan adat tersebut, telah membasuh kaki, tangan dan muka, namun lebih baik lagi jika langsung mandi di air laut.

Hal ini pernah penulis alami, saat penelitian di Pulau Kapotar. Ada seorang teman peneliti yang melanggar. Maka sungguh-sungguh terjadi, pada petang harinya ada hujan badai disertai petir di sekitar basecamp kami.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram: @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: