Press "Enter" to skip to content

Bom, Mengapa Ia Sangat Mematikan dan Merusak?

Bom bunuh diri meledak di kantor polisi di Medan, hari ini. Sebetulnya bagaimana bom bisa menimbulkan kerusakan dan mematikan? Yuk kita bahas dari sisi sains.

Dilansir dari howstuffworks.com, bom secara mendasar adalah semacam casing atau cangkang yang mengandung material eksplosif di dalamnya. Casing ini bisa apa saja, mulai dari logam sampai bahan kaca atau pipa. Bisa tampak biasa seperti kaleng minuman atau ditanam di dalam mobil. Begitu casing ini mengandung tenaga ledakan, ia akan pecah dan materialnya terlempar ke berbagai arah dengan kecepatan peluru. Inilah proyektil-proyektil yang mematikan.

Material eksplosif di dalam cangkang ini macam-macam jenisnya. Ada yang menggunakan TNT atau Semtex. Bom menyebabkan kerusakan dengan sejumlah cara, tergantung pada apa yang dihasilkan oleh dampak ledakan. Ini termasuk gelombang ledakan, gelombang kejut, fragmentasi, panas, dan angin ledakan. Yuk bahas satu-satu!

Gelombang ledakan
Ketika bom meledak, area di sekitar ledakan menjadi kelebihan tekanan (overpressurized) yang menyebabkan partikel-partikel udara terkompresi tinggi yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara. Semakin lama dan semakin jauh, gelombang ini akan berkurang intensitasnya. Yang paling mengerikan adalah gelombang ledakan saat baru terjadi dan berada di dekat pusat ledakan. Ketika gelombang ini mengenai tubuh manusia, akan menyebabkan kerusakan struktur tubuhnya.

Gelombang kejut
Ketika gelombang ledakan mengenai permukaan atau tubuh manusia, gelombang kejut atau gelombang tekanan juga akan mencoba lewat. Di tubuh manusia, gelombang ini akan melewati jaringan dan organ tubuh. Saat melintas, gelombang ini membawa energi yang besar dan bergerak lebih cepat dari kecepatan suara, inilah yang merusak tubuh korban. Sampai saat ini, belum ada cara yang efektif untuk menangkis efek ini baik melalui pakaian dan pelindung tubuh lainnya.

Fragmentasi
Ketika bom meledak, bungkus bom dan proyektil-proyektil lain yang ditambahkan di dalamnya, seperti paku, baut, dan sebagainya, akan terlempar ke segala arah, menjauh dari pusat ledakan dengan kecepatan tinggi. Bisa dibayangkan kan dampaknya kalau mengenai bangunan apalagi tubuh kita?

Api dan Panas
Ledakan juga bisa menyebabkan terbentuknya bola api dan temperatur tinggi yang bisa menyebabkan tubuh terbakar atau menimbulkan ledakan lain kalau terkena material lain yang mudah meledak seperti bahan bakar atau gas.

Angin ledakan
Di titik ledakan, terjadi situasi hampa udara sejenak. Titik yang hampa udara ini akan dengan cepat mengisi udara kembali dan ini menyebabkan daya tarik yang kuat ke arah ledakan. Benda apapun yang ada di sekitar, termasuk manusia, bisa tertarik ke arah ledakan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: