Press "Enter" to skip to content

Logam Ini Bisa Jadi Konduktor Listrik Tanpa Hantarkan Panas

Kalau kita belajar IPA atau Fisika, kita pasti tahu hukum yang menyatakan bahwa metal atau logam adalah penghantar (konduktor) yang baik untuk panas dan listrik. Tapi tahukah kamu bahwa tak semua logam ternyata begitu. Peneliti telah menemukan metal yang dapat menghantar listrik tapi tidak menghantarkan panas.

Seperti dilansir dari Science Alert, logam ini ditemukan pada 2017. Logam ini punya sifat yang bertentangan dengan hukum Wiedemann-Franz yang mengatakan bahwa konduktor listrik yang baik juga akan menjadi konduktor panas yang baik secara proporsional. Itulah sebabnya benda-benda seperti motor dan peralatan menjadi sangat panas ketika kita menggunakannya terus menerus.

Tapi satu tim peneliti dari Amerika Serikat telah menemukan logam baru bernama vanadium dioxide (VO2). Material ini memiliki kemampuan aneh untuk beralih dari isolator tembus pandang menjadi logam konduktif pada suhu 67 derajat Celcius.  

Tidak hanya tak terduga dan mengubah pandangan kita tentang konduktor, logam baru ini juga bisa sangat berguna, misalnya digunakan untuk mengubah panas yang terbuang dari mesin dan peralatan menjadi listrik, atau bahkan membuat penutup jendela yang lebih baik yang membuat bangunan tetap sejuk.

Kalau vanadium dioksida dengan bahan lain, kita dapat ‘menyesuaikan’ jumlah listrik dan panas yang dapat dihasilkan. Ini sangat berguna. Misalnya, kalau logam tungsten ditambahkan ke vanadium dioksida, suhu di mana bahan menjadi logam bisa diturunkan dan membuatnya menjadi penghantar panas yang lebih baik.

Vanadium dioksida juga memiliki kemampuan unik untuk menjadi transparan pada temperatur sekitar 30 derajat Celcius, tetapi kemudian memantulkan cahaya inframerah di atas 60 derajat Celcius (140 derajat Fahrenheit) sambil tetap transparan. Jadi ia bisa digunakan sebagai pelapis jendela yang mengurangi suhu tanpa perlu pendingin udara.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: