Press "Enter" to skip to content

Inilah Titik Terdalam Daratan Bumi

Tahukah kalian di mana titik terdalam di daratan? Sebuah penelitian terbaru mendapati bahwa titik terdalam di daratan terdapat di Denman Glacier di Antartika Timur. Ahli gletser dari University of California, Irvine, telah melakukan pemetaan area itu dan mendapati bahwa terusan di bawah gletser itu lebih dalam dari yang mereka bayangkan.

Terusan itu berada 3,5km di bawah permukaan laut. Tapi tak ada air laut di sana melainkan air yang mengalir dari bagian dalam lapisan es menuju pantai. Terusan itu memiliki panjang 100km dan 20km lebarnya. Demikian catatan laporan penelitian yang dipresentasikan di Fall Meeting dari American Geophysical Union di San Francisco.

Dr. Mathieu Morlighem, professor di Department of Earth System Science di Universitas California di Irvine adalah pemimpin proyek penelitian itu.

“Tantangan terbesar proyek ini adalah bahwa Antartika itu sangat luas!” tutur Morlighem. “Lebih luas dari AS dan Meksiko digabungkan.”
Morlighem dan timnya menggunakan sebuah teknologi baru yang disebut BedMachine untuk menghasilkan penelitian tersebut. Mereka mengembangkan model lapisan es terbaru tetapi gagal memberikan hasil yang diharapkan. Setelah berbulan-bulan mencari tahu mengapa, akhirnya mereka sadar itu lantaran topografi di bawah lapisan es kehilangan banyak fitur penting, seperti terusan, punggungan, lembah, dan sebagainya.

Tim itu kemudian mengkombinasikan pengukuran radar dengan data pergerakan permukaan yang sangat presisi dari satelit dan akumulasi salju dari model iklim regional, untuk mendapatkan estimasi terbaik mengenai bentuk lapisan dasar itu.
“Saat kami mengaplikasikan teknik mapping kepada seluruh lapisan es dan kami menemukan lembah terdalam di basah lapisan es.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: