Press "Enter" to skip to content

Katak Ini Lebih Suka Berjalan Dari Pada Melompat

Katak itu melompat, bukan berjalan apalagi bergelantungan di pohon. Tapi katak yang satu ini berbeda. Dia disebut dengan nama “Katak Monyet Pohon”, sebab ia lebih suka berjalan di dahan-dahan pohon daripada melompat.

Katak ini termasuk spesies yang baru ditemukan oleh tim dari Federal University di Rio de Janeiro dan Institut Pendidikan, Sains, dan Teknologi Negara Bagian Rondonia, di Vilhena, Rondonia, Brazil. Tapi populasinya sendiri sudah terancam kepunahan, padahal, katak yang bernama Phullomedusa camba ini mampu menyantap 1000 macam serangga pembawa penyakit sehingga sangat menguntungkan manusia.

Kemampuan katak ini berjalan terletak pada ibu jari yang berlawanan. Dengan begitu, jari-jarinya bisa menggenggam dahan. Ibu jari katak berwarna hijau terang ini bisa bergerak bebas dan independen dari jari-jarinya yang lain. Seperti pada ibu jari manusia.

“Ini adalah temuan yang signifikan yang akan membantu kami membuat katalog spesies yang sedang menghadapi bahaya kepunahan di area ini,” tutur Marcela Almeida, kepala kantor lingkungan hidup di Vilhena.

Genus Phyllomedusa sendiri terancam punah sebab habitat asli mereka terganggu aktivitas manusia. Kehadiran mereka sebenarnya bisa menjadi indikator alami untuk kondisi kesehatan alam. Tapi kerusakan lingkungan telah mengancam keberadaan mereka.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: