Press "Enter" to skip to content
Dok. BKSDA Sumbar/AFP / Handout

Rafflesia Terbesar di Dunia Sedang Mekar di Sumatera Barat

Bunga Rafflesia adalah tanaman parasitik yang tumbuh pada tumbuhan lain, di antaranya adalah Tetrastigma. Baru-baru ini, Rafflesia dari jenis Rafflesia tuan-mudae sedang mekar di Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Mekarnya bunga ini mendapat perhatian besar dari berbagai media dunia. Sebab selain langka, bunga ini ukurannya luar biasa. Bunga yang dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistimnya itu memiliki diameter 111cm. Ia memecahkan rekor terbesar bunga Rafflesia tuan-mudae sebelumnya yang mekar di lokasi itu dengan diameter 107cm pada 2017.

Tunas-tunas Rafflesia biasanya muncul di tempat anggur tumbuh di tanah, tidak seperti beberapa spesies Rafflesia lain yang tunasnya dapat muncul dari tanaman merambat yang menggantung di udara. Saat mekar, bunga ini mengeluarkan aroma busuk yang menyengat.

Begitu ia tumbuh ia menancapkan akarnya pada tanaman inang. Rafflesia tuan-mudae akan tumbuh seama sembilan bulan sebelum mengembangkan bunga berwarna jingga yang besar. Ia akan mekar untuk menarik serangga yang kemudian akan menyebarkan serbuk sarinya kepada tanaman inang lain.

Ahli konservasi Ade Putra mengatakan kepada kantor berita AP yang dilansir oleh Live Science, bunga ini merupakan spesies bunga terbesar di dunia. Ia akan mekar setidaknya sepekan sebelum menutup kembali.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: