Press "Enter" to skip to content
Image by FelixMittermeier from Pixabay

Jangan Sembarangan Pasang Foto Background, Smartphone-mu Bisa Crash

Sebuah foto muncul di Twitter disertai pesan, “PERINGATAN!!! Jangan pasang foto ini sebagai wallpaper, khususnya bagi pengguna mobile phone Samsung. Foto itu akan membuat ponselmu crash! Jangan coba-coba! Kalau seseorang mengirimi kamu foto ini, abaikan,” demikian kata akun @Universelce.

Benarkah foto itu bisa menyebabkan smartphone kita mengalami crash dan harus di-factory reset? Dilansir dari Popular Science, disebutkan bahwa beberapa jenis foto memang tak boleh dijadikan background pada smartphone, sebab dapat menyebabkan masalah. Khususnya untuk beberapa jenis gambar, hal ini terkait dengan color space di dalam gambar/foto itu. Kalau sekadar disimpan dan disaksikan di galeri, tak jadi persoalan. Masalah baru muncul ketika foto itu dijadikan wallpaper.

Kecuali jika kamu sangat menyukai pencitraan digital, desain, pencetakan, rekaman, atau fotografi, kamu mungkin tidak terlalu memikirkan soal color space. Pada dasarnya, color space menentukan warna apa yang sebenarnya dapat ditampilkan oleh sebuah perangkat dan akan terlihat seperti apa. Biasanya, kita menemukan color space RGB di online karena mereka diarahkan ke piksel merah, hijau, dan biru yang ditemukan di layar digital. Namun, tidak semua color space RGB memiliki warna yang sama.

Dalam kasus ini, smartphone Android hanya diperlengkapi untuk menangani color space sRGB, yang lebih diarahkan untuk menampilkan gambar secara online. Sedangkan foto yang ‘merusak’ tadi menggunakan color space RGB standar, yang mana memiliki value color space yang berada di luar kemampuan operating system dan pada akhirnya menyebabkan error.

Untuk sekarang, masalah ini baru dilaporkan mempengaruhi sebagian besar ponsel merek Google dan Samsung yang menjalankan Android 10. Jika kamu mengatur gambar sebagai latar belakang, ponselmu dapat saja reboot berulang kali, sehingga kamu hanya punya sedikit opsi untuk memperbaikinya sebelum ia restart lagi. Atau, kalau mau gampang, lakukan factory reset.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: