Press "Enter" to skip to content
Ikan 'Tiger Fish' (Dok. Stefan Zelinka/Seriously Fish)

Mengenal Ikan ‘Tiger Fish’ yang Sedang Trend di Sumatera

Ikan ‘Tiger Fish’ sedang naik daun sebagai ikan hias yang diburu banyak orang. Harganya yang fantastis membuat banyak nelayan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan memburu ikan ini. Ikan ini sedang banyak dicari oleh penggemar ikan hias. Harganya mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah tergantung ukuran dan corak loreng harimaunya.

Jenis ‘Figer Fish’ macam-macam. Tapi yang banyak ditemukan di Sumatera adalah Datnois microlepis. Spesies ini dikenal juga sebagai datnoid harimau Indonesia, Indo datmoid, tigerfish Indonesia, atau finescale tigerfish. Keberadaannya endemik di Semenanjung Melayu dan Indonesia bagian barat. Ikan ini ditemukan di sistem sungai di Perak dan Selangor di Semenanjung Malaysia, maupun di sungai Batang Hari dan Musi di Sumatra, serta cekungan Kapuas di Kalimantan.

Ikan ini tadinya dianggap menyebar sampai ke sungai Chao Phraya dan Mekong. Tapi sejak 1998, ikan ‘Tiger Fish’ di Chao Phraya dan Mekong disebut D. pulcher saja atau disebut juga siamese tigerfish.

Ikan ini adalah predator yang efisien, sebagian besar piscivorous, dengan mulut yang sangat menonjol. Di akuarium, ikan ‘Tiger Fish’ remaja dapat diberi makan larva chironomid (cacing darah), cacing tanah kecil, udang cincang, dan sejenisnya. Sementara ikan dewasa bisa makan potongan daging ikan, seluruh udang, kerang, udang sungai hidup, cacing tanah lebih besar, dan sebagainya. Ikan yang lebih tua tak perlu diberi makan setiap hari, cukup 2-3 kali per minggu.

Ikan ‘Tiger Fish’ memiliki ukuran tubuh yang dapat mencapai 45 cm, tapi butuh waktu setidaknya 10 tahun untuk mencapai panjang ini. Badan ikan ini berbentuk pipih dengan sirip bergerigi pendek di bagian pangkal punggung hingga mendekati ujung. Di dekat ujungnya terdapat sirip yang agak lebar dan berukuran lumayan panjang. Pada bagian samping badan dekat insangnya terdapat sepasang sirip yang agak lebar dan berfungsi untuk berenang. Di bagian perut dekat bawah insangnya terdapat sepasang sirip pendek yang tidak terlalu mencolok. Lalu di bagian dekat ujung badannya juga terdapat sirip yang tidak terlalu lebar dan berukuran sedang. Ekornya berukuran sedang dan bentuknya mirip kipas.

Sedangkan corak warnanya terdiri dari warna kuning tua dan hitam. Bentuk corak inilah yang juga akan menentukan harga ikan ‘Tiger Fish’, selain ukuran tubuhnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: