Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi ternak sapi (dok. TheDigitalWay/Pixabay)

Melukis Mata di Bokong Sapi Bisa Menakuti Singa

Orang-orangan sawah atau bebunyian bisa mengusir burung dari tanaman padi yang siap panen. Itu adalah salah satu cara manusia mencegah komoditas pertanian ‘dicuri’ oleh hewan. Kalau peternakan, mungkin tak ada yang seunik di Botswana ini. Untuk mencegah ternak sapi diserang hewan buas, bokong sapi pun digambar mata. Ternyata efektif! 

Cara melindungi ternak dari serangan predator biasanya memakan korban. Biasanya predator ditembak, diperangkap, atau diracun. Tapi baru-baru ini peneliti menemukan cara yang lebih mudah dan aman, bahkan tak perlu sampai membunuh atau melukai predator. Mereka melukis mata yang besar di bokong sapi sehingga dapat menakut-nakuti hewan buas pemangsa. 

Kucing-kucing besar seperti singa, macan tutul, dan harimau biasanya menyergap calon mangsa mereka. Berarti mereka akan mengintai mangsanya dan memanfaatkan efek kejutan. Kalau terlihat oleh mangsa sebelum mereka menyergap, biasanya perburuan mereka gagal.

Baca juga: Misteri Kematian Massal Gajah di Botswana

Peneliti pun mencoba cara unik ini di delta Okavango di Botswana. Delta di barat laut Botswana ini adalah kawasan cagar alam yang penting untuk melindungi berbagai spesies satwa liar. Ada rawa dan dataran yang biasanya mengalami banjir musiman. Sebagiannya adalah cagar alam yang dilindungi, sebagiannya tidak. Ada pagar untuk mencegah kontak dan penularan penyakit antara sapi liar dan kerbau Cape.

Karnivora besar, dan satwa liar lainnya termasuk gajah, dapat bergerak bebas melewati kawasan ini, dan kehilangan ternak karena karnivora besar biasa terjadi. Sebagai pengendalian, biasanya serangan predator dibalas oleh penjaga ternak dengan tembakan mematikan atau racun. Di Okavango ada sejumlah peternak kecil yang punya antara 6 sampai 100 ekor ternak sapi.

Singa adalah pemangsa yang paling banyak menyerang ternak di sana. Saat penelitian dilakukan, singa membunuh 18 sapi, macan tutul membunuh satu, dan hyaena membunuh tiga. Ternyata, saat bokong sapi dilukis dengan gambar mata, singa tak mau menyerang. Ini mengindikasikan bahwa cara yang murah dan sederhana ini bisa menjadi opsi yang aman untuk bisa hidup bersama di wilayah itu tanpa perlu melukai satu sama lain.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: