Press "Enter" to skip to content
tutup pulpen (dok. sciencealert.com)

Ini Guna Lubang di Ujung Tutup Pulpen, Terkait dengan Nyawa

Teknologi tak perlu rumit. Contohnya lubang di tutup pulpen. Tahukah kamu gunanya?

Mungkin kamu kurang memperhatikan, ada lubang di ujung tutup pulpen. Pernahkah kamu ingin tahu, apa gunanya lubang di ujung penutup pulpen ini?

Mengutip Science Alert, ternyata keberadaan lubang di ujung penutup pulpen itu berguna mengurangi risiko fatal saat kamu tak sengaja menelan tutup pulpen itu. Rupanya, ada saja orang yang iseng memasukkan tutup pulpen ke dalam mulut. Di Amerika Serikat setidaknya ada 100 orang yang tewas karena menelan tutup pulpen.

Di negara lain juga itu terjadi. Contoh kasusnya sudah ada. Dilansir dari Daily Mail, seorang bocah berusia 13 tahun dari Irlandia, tewas karena tak sengaja menelan tutup pena, pada 2007 lalu. Tutup pena yang menutupi tenggorokannya membuat bocah itu tak bisa bernafas.

Nah, menambahkan sebuah lubang di ujung tutup pena rupanya dianggap bisa mencegah kejadian fatal begitu. Itulah yang dipikirkan oleh BIC, sebuah perusahaan pembuat pulpen. Mereka mengatakan, lubang di ujung tutup pulpen akan memberikan orang yang tak sengaja menelan tutup pulpen itu bisa tetap bernafas.

“Lubang di tutup pena itu untuk mencegah tutup pulpen benar-benar menyumbat jalan nafas saat ia tak sengaja tertelan,” demikian dinyatakan BIC dalam situs mereka.

Pada 2016, sejumlah perusahaan pembuat pulpen mengikuti langkah BIC dan menambahkan lubang yang lebih besar di ujung tutup pulpen buatan mereka.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: