Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi ternak sapi (dok. TheDigitalWay/Pixabay)

Bukan Sekadar Sapi atau Kerbau, Ini Bedanya Ox, Cattle, Cow, Buffalo, dan Bull

Hari ini tahun baru China atau imlek dirayakan di seluruh dunia. Shio untuk tahun 2021 adalah shio kerbau logam. Tapi coba perhatikan, dalam bahasa Inggris, shio tahun 2021 disebut sebagai Ox. Kata Ox kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya lembu. Sedangkan kerbau, biasanya diterjemahkan dari kata buffalo. Kenapa di Indonesia shio tahun ini disebut kerbau? Apakah ini dua hewan yang sama atau berbeda?

Kalau dalam konteks di luar Indonesia, ada beberapa istilah atau penyebutan nama yang harus diperhatikan. Dalam bahasa Inggris dikenal penyebutan ox (oxen), cow, bull, buffalo, dan cattle. Apa bedanya?

Cattle dipakai untuk menyebut semua sapi/lembu, yaitu mamalia dari famili Bovidae dan subfamili Bovinae. Lembu/sapi ini memiliki nama ilmiah Bos taurus.

Nah, sapi/lembu jantan yang dimanfaatkan/dilatih sebagai hewan penarik itulah yang disebut dengan Ox. Biasanya, Ox ini dikebiri agar lebih mudah dikendalikan. Sedangkan Cow adalah penyebutan untuk sapi/lembu betina. Adapun Bull adalah kata untuk menyebut sapi jantan yang tidak dikebiri dan tidak dimanfaatkan untuk kegiatan tadi. Jadi, bull lebih agresif ketimbang Ox.

Adapun Buffalo adalah kata yang dipakai untuk menyebut mamalia bertanduk yang dalam bahasa Indonesia disebut kerbau. Kerbau ini sama-sama berasal dari famili dan subfamili yang sama dengan sapi, tetapi genusnya berbeda. Kerbau memiliki genus Bubalus dan terdiri dari beberapa subspesies, yaitu  water buffalo domestik (Bubalus bubalis), water buffalo liar (Bubalus arnee), tamaraw (Bubalus mindorensis), anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis), dan anoa pegunungan (Bubalus quarlesi).

Lalu bagaimana dengan banteng? Dari sisi spesiesnya, banteng lebih dekat ke sapi ketimbang kerbau. Kalau distribusi sapi lebih luas, bisa ditemukan di banyak tempat di dunia, maka Banteng biasanya ditemukan di Asia Tenggara. Nama ilmiah banteng adalah Bos javanicus.

Jadi jelas kan? Seharusnya shio Ox diterjemahkan sebagai sapi jantan, bukan kerbau.

Shio Ox dalam Falsafah China
Dalam mitologi China, Ox adalah hewan kedua yang tiba di perjamuan yang diadakan oleh Jade Emperor. Jadi sapi jantan ini berada dalam urutan kedua shio China. Ox atau sapi jantan dikenal sebagai hewan pekerja keras, pintar, dan dapat diandalkan, namun mereka tidak mencari-cari pujian. Dalam kebudayaan China, sapi jantan adalah hewan yang sangat berharga sebab perannya yang besar dalam pertanian, karakteristiknya yang positif yaitu pekerja keras dan jujur.

Menurut chinesenewyear.net, sapi adalah lambang kejujuran dan kesungguhan. Hewan ini rendah hati dan tidak pernah mencari pujian atau menjadi pusat perhatian. Tapi hal ini sering kali membuat talenta mereka seakan tersembunyi. Pada akhirnya, kerja keras mereka tetap akan mendapat pengakuan. Setiap orang harus terlebih dahulu melakukan apa yang diminta dan tetap dalam batasan. Mereka ini jarang kehilangan kesabaran, berpikir logis, dan dapat menjadi pemimpin yang hebat.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: